Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran melalui model pembelajaran role playing untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa materi komunikasi perkantoran pada siswa kelas X AP 1 SMK Negeri 1 Dukuhturi. Penelitian ini menggunakan dua tahap, yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Presentase rata-rata hasil observasi kompeten siswa dalam kelompok pada siklus I diperoleh siswa yang kompeten sebanyak 22 siswa, sedangkan pada siklus II diperoleh 28 siswa yang kompeten, sehingga terjadi kenaikan 6 poin atau 27,2%. Peningkatan ini membuktikan keberhasilan penggunaan model role playing yang dapat mengubah perhatian, minat dan keaktifan siswa ke arah yang lebih positif dalam belajar yang dapat dijadikan sebuah inovasi untuk melaksanakan pembelajaran, serta penelitian ini memberikan manfaat bagi siswa untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi dalam lingkungan kantor dengan menggunakan telepon dan bagi guru dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, serta manfaat bagi sekolah untuk meningkatkan image/citra sekolah sebagai salah satu sekolah yang berkualitas di wilayahnya.
Copyrights © 2022