Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter
Vol 7, No 2 (2022): Edisi Mei 2022

PENINGKATAN PEMBELAJARAN PADA MATERI THIS IS MY WORD MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL




Article Info

Publish Date
17 May 2022

Abstract

Pembelajaran bahasa Inggris di SMP Negeri 9 Kabupaten Konawe pada materi This Is My Word sangatlah rendah. Hasil belajar siswa menunjukkan mayoritas siswa belum mencapai KKM yang diharapkan.  Dari hasil wawancara terhadap siswa menerangkan bahwa guru dalam melakukan pembelajaran monoton. Berdasarkan masalah tersebut, maka perlu diberi tindakan agar pembelajaran berjalan secara optimal yaitu melalui pendekatan kontekstual. Tujuan dalam penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa   hasil belajar secara klasikal dari 83% dengan predikat baik menjadi 88% dengan predikat  baik, dan terjadi peningkatan kuantitatif sebesar 3%. Artinya terjadi peningkatan yang baik setelah diberi tindakan pendekatan kontekstual.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jipk

Publisher

Subject

Education

Description

The journal acts as a medium of publication the result of research covering the learning innovation theme from the elementary to higher education level. The journal also acts as a medium of disseminating research thought conducted by teachers and lecturers. In substance, the articles published in ...