Pembelajaran bahasa Inggris di SMP Negeri 9 Kabupaten Konawe pada materi This Is My Word sangatlah rendah. Hasil belajar siswa menunjukkan mayoritas siswa belum mencapai KKM yang diharapkan. Dari hasil wawancara terhadap siswa menerangkan bahwa guru dalam melakukan pembelajaran monoton. Berdasarkan masalah tersebut, maka perlu diberi tindakan agar pembelajaran berjalan secara optimal yaitu melalui pendekatan kontekstual. Tujuan dalam penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar secara klasikal dari 83% dengan predikat baik menjadi 88% dengan predikat baik, dan terjadi peningkatan kuantitatif sebesar 3%. Artinya terjadi peningkatan yang baik setelah diberi tindakan pendekatan kontekstual.
Copyrights © 2022