Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter
Vol 7, No 2 (2022): Edisi Mei 2022

PENINGKATAN HASIL BELAJAR EKONOMI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER




Article Info

Publish Date
17 May 2022

Abstract

Hasil belajar Ekonomi di SMA Negeri 1 Gunung Meriah rendah, salah satu faktor yang menyebabkan kerendahan tersebut iyalah model pembelajaran yang kurang tepat.  Melihat hal tersebut, maka perlu dilakukan suatu penelitian ilmiah, Salah satunya dengan menerapkan  pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Gunung Meriah Tahun Pelajaran 2020/2021.  Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus.. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: SMA Negeri 1 Gunung Meriah, maka dapat diambil kesimpulan bahwa telah terjadi peningkatan terhadap hasil belajar siswa dengan diterapkannya penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT)  baik dilihat dari aspek kognitif, afektif dan psikomotoriknya. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas telah terjadi peningkatan yaitu pada tes awal sebesar 70 dan siklus I meningkat menjadi 74 serta pada siklus II naik lagi menjadi 83.   Untuk ketuntasan belajar siswa (nilai ketuntasan 70) pada tes awal 54%, dan pada tes siklus I menjadi 75% setelah dilakukan refleksi II maka semua siswa sudah mencapai ketuntasan 100%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jipk

Publisher

Subject

Education

Description

The journal acts as a medium of publication the result of research covering the learning innovation theme from the elementary to higher education level. The journal also acts as a medium of disseminating research thought conducted by teachers and lecturers. In substance, the articles published in ...