Siswa kelas XII AKL 2 SMK Negeri 1 Brebes masih kesulitan menyelesaikan kasus pembukuan perusahaan dagang dengan aplikasi Accurate. Berdasarkan fenomena tersebut maka diperlukan metode pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan kompetensi siswa dalam mata pelajaran komputer akuntansi, metode pembelajaran yang digunakan adalah Explicit InstructionOleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji besarnya kontribusi metode pembelajaran Explicit Instruction berbantuan modul pembelajaran Accurate untuk meningkatkan hasil belajar. Penelitian dilakukan melalui pendekatan analisis dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, implementasi tindakan, observasi dan monitoring, serta analisis dan refleksi. Data penelitian dikumpulkan dengan tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Kriteria keberhasilan penelitian ini adalah hasil belajar minimal 75 dan ketuntasan klasikal uji sertifikasi Accurate minimal 85% dari jumlah siswa. Hasil penelitian setelah proses analisis data pada siklus I, II dan Uji Sertifikasi Accurate dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan, setelah perlakuan siklus I dan II jumlah siswa yang kompeten atau memiliki nilai lebih besar atau sama dengan 75 dalam uji sertifikasi mencapai 94,44%.
Copyrights © 2022