Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter
Vol 7, No 2 (2022): Edisi Mei 2022

UPAYA MENINGKATKAN PEMANFAATAN REFERENSI PERPUSTAKAAN MELALUI CLASSROOM READING PROGRAM DI SD NEGERI MANGUNHARJO




Article Info

Publish Date
17 May 2022

Abstract

Berkaitan dengan pemanfaatan referensi perpustakaan oleh siswa, kondisi objektif di SD Negeri Mangunharjo belum memiliki gedung perpustakaan, menyebabkan minimnya tingkat minat baca siswa. Seiring proses renovasi gedung perpustakaan, melalui supervisi akademik kepala sekolah mencanangkan Classroom Reading Program guna mengentaskan rendahnya minat baca siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemanfaatan perpustakaan sebagai tempat referensi pustaka oleh guru dan siswa SD Negeri Mangunharjo. Penelitian dilakukan dengan instrumen penilaian berupa observasi, angket, dan dokumentasi. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus, yang pada setiap siklusnya terdiri atas, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian prasiklus classroom reading program rata-rata 64,88% dan 63,68% untuk guru dan siswa. Setelah siklus I rata-rata 75,60% dan 73,42% untuk guru dan siswa. Setelah siklus II rata-rata 80,95% dan 80,96% untuk guru dan siswa. Sehingga, penerapan Classroom Reading Program melalui supervisi akademik efektif dalam meningkatkan minat baca siswa di SD Negeri Mangunharjo. Manfaat teoritis penelitian ini adalah menambah teori dan mengembangkan ilmu, serta sebagai dasar untuk penelitian selanjutnya mengenai Classroom Reading Program. Sedangkan manfaat praktis penelitian ini bagi siswa adalah menambah motivasi dan bagi guru adalah membantu mengoptimalkan kinerja guru.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jipk

Publisher

Subject

Education

Description

The journal acts as a medium of publication the result of research covering the learning innovation theme from the elementary to higher education level. The journal also acts as a medium of disseminating research thought conducted by teachers and lecturers. In substance, the articles published in ...