Pembelajaran adalah proses interaksi antar peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Subyek penelitian adalah siswa siswi kelas 7B. Mereka merupakan siswa yang baru mengenal mata pelajaran bahasa Inggris. Sehingga mereka masih kesulitan dalam penguasaan kosa kata bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan dua siklus, setiap siklus dilakukan langkah-langkah sebagai berikut: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif komperatif yaitu membandingkan keaktifan dan hasil belajar kondisi awal, keaktifan dan hasil belajar setelah siklus 1, serta keaktifan dan hasil belajar setelah siklus 2. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi kenaikan penguasaan dan hasil belajar siswa setelah diberi tindakan melalui media buatan Mini Dictionary yaitu dari nilai ketuntasan pada kondisi awal hanya 20% meningkat menjadi 85%. Ini berarti mengalami kenaikan setelah diberi tindakan sebesar 65%. Sedangkan data kualitatif menunjukkan bahwa keaktifan siswa dari kondisi awal, siklus 1, dan siklus 2 juga terjadi kenaikan sebesar20% meningkat menjadi 60%. Ini berarti mengalami kenaikan sebesar 40%.
Copyrights © 2022