Perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan sangat membantu terutama dalam peningkatan mutu pembelajaran. Perkembangan yang ada menuntut dunia pendidikan menyesuaikannya. Karakteristik peserta didik pada abad XXI yang merupakan generasi melek digital membuat guru harus bisa memahaminya sehingga perlu adanya media pembelajaran yang menyesuaikan perkembangan teknologi. Secara spesifik, penelitian ini bertujuan untuk: Mengembangkan modul pada mata pelajaran Desain busana; Menegtahui kelayakan modul pada mata pelajaran menggambar busana; dan; Mengetahui peningkatan kreativitas mata pelajaran desain busana secara digital siswa kelas XI melalui media Ibis Paint X. Penelitian pengembangan media pembelajaran berupa modul ini mengguakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Analisis data yang digunakan penelitian ini terdiri dari: Menentukan kelayakan modul; Menentukan kepraktisan modul; Menentukan tingkat kreativitas siswa. Uji kelayakan modul dengan kategori sangat layak. Kepraktisan modul dengan kategori sangat praktis. Modul yang dikembangkan juga diuji keefektifannya memiliki nilai N-Gain sebesar 78 yang bermakna modul yang dikembangkan efektif dan hasil tingkat kreativitas siswa dengan kategori kreatif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa, modul yang dikembangkan sangat layak, sangat praktis dan kreativitas pelajaran Desain busana secara digital pada siswa SMK kompetensi keahlian tata busana.
Copyrights © 2022