Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia
Vol 7, No 1 (2022): Edisi Januari 2022

MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN GAMBAR DAN VIDEO PADA PEMBELAJARAN TEMATIK




Article Info

Publish Date
30 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas VI MI Himmatul  Mu’allimin melalui penerapan Model Problem Based Learning (PBL) berbantuan gambar dan video. Hasil penelitian ini antara lain membuktikan bahwa ada peningkatan dalam hasil belajar siswa dan juga motivasi belajar selama pembelajaran daring di Tema 5. Pembelajaran berlangsung dengan situasi dan kondisi yang menyenangkan. Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Gambar dan Video dapat meningkatkan hasil belajar dilihat dari ketuntasan belajar siswa. Pada kondisi Pra siklus hanya ada 10 siswa yang tuntas belajar atau 37 %. Pada siklus pertama naik menjadi 14 siswa yang tuntas (51,85 %) dan 13 siswa masih belum tuntas (48,15 %) belum memenuhi dari target yakni 80 % siswa tuntas belajar. Pada siklus kedua yang tuntas belajar sebanyak 75 % (20 anak) dan belum tuntas 7 Siswa (25 %) dan belum mencapai target yakni 80%. Pada siklus ketiga ada 23 siswa tuntas belajar atau 85,19 % dan siswa yang belum tuntas sebanyak 4 siswa (18,81 %) . Dari data ini maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran sudah tuntas yakni diatas 80 % siswa tuntas belajar. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan gambar dan video, dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Saran penelitian ini adalah sebaiknya guru dapat lebih memaksimalkan pembelajaran yang berinovasi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik sesuai tuntutan pembelajaran abad 21.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpp

Publisher

Subject

Education

Description

The journal is a scientific publication of research articles from the educational sphere, where every issue has a theme as the focus of the ...