Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan ditemukan: bahwa guru masih mengalami kesulitan dalam perencanaan, pelaksanaan, pelaporan PTK. Kesulitan dalam menyusun PTK meliputi membuat perencanaan PTK. Kesulitan dalam pelaksanaan perencanaan meliputi pemilihan judul PTK dengan buku referensi atau teori yang mendukung masih guru kesulitan mencari dan menemukan. Pelaksanaan: In House Training Penyusunan Proposal PTK diarahkan kepada guru yang akan naik pangkat. Dan untuk mengetahui efektivitas penerapan dengan pendampingan, peneliti mengobservasi langsung kegiatan guru dalam kegiatan PTK. Untuk mengetahui kemampuan guru dalam membuat perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan PTK peneliti menggunakan instrumen dokumen Portofolio guru (proposal PTK), dan lembar observasi pelaksanaan PTK, sedangkan untuk laporan PTK adalah dokumen laporan PTK. Dalam penelitian tindakan ini ternyata dari 8 guru hampir semuanya mampu melaksanakan pembuatan PTK dengan baik. Hal ini terbukti dari hasil pendampingan pembuatan karya ilmiah dari pemahaman, perencanaan, pelaksanaan sampai menyusun laporan, IHT dengan berpendampingan ternyata membawa peningkatan pembuatan karya ilmiah dan akan bermakna jika penelitinya adalah teman sejawat yang sudah mampu pada guru kelas yang bersangkutan.
Copyrights © 2022