Kenyataan di lapangan masih banyak ditemukan siswa yang kurang aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, jarang mengajukan pertanyaan walaupun guru sering meminta agar siswa bertanya jika ada hal-hal yang kurang jelas/kurang dipahami, Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : “apakah melalui metode Small Group Discussion dapat meningkatkan hasil belajar siswa bidag studi Bahasa Indonesia pada pokok bahasan Penyampaian Cerita Siswa Kelas IX-2 SMP Negeri 2 Gunung Meriah T.P 2020/2021?” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil Belajar Bidang Studi Bahasa Indonesia pada pokok bahasan Penyampaian Cerita melalui metode small group discussion. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan sebanak 2 (dua) siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa dengan jumlah 19 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa butir-butir soal dan pengumpulan data dilakukan dengan cara tes hasil belajar dengan perlakuan dua siklus. Analisis data dilakukan dengan teknik diskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil Belajar Bidang Studi Bahasa Indonesia pada pokok bahasan pelaporan berbagai peristiwa dapat ditingkatkan dengan metode Small Group Discussion.
Copyrights © 2022