Fikrah : Journal of Islamic Education
Vol 5, No 2 (2021)

PENGARUH MENTORING AL QUR’AN TERHADAP INTENSITAS KEDISIPLINAN MEMBACA AL QUR’AN MAHASISWA (STUDI KASUS DI LEMBAGA ASKI UIKA BOGOR)

Anita, Anita (Unknown)
Sa’diyah, Maemunah (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2022

Abstract

Al-Quran merupakan kitab suci dan sebagai petunjuk hidup bagi umat muslim. Tentuya membaca dan berinteraksi dengan Al-Quran menjadi kewajiban bagi setiap muslim tanpa terkecuali mahasiswa. Dengan adanya kesibukan, aktivitas sehari-hari terkadang melalaikan kita untuk tidak membaca Al-Quran. Salah satu upaya untuk meningkatkan intensitas membaca Al-Quran mahasiswa UIKA adalah dengan diadakannya program mentoring Al-Quran. Intensitas kedisiplinan membaca Al-Quran setidaknya ditandai dengan rutinitas membaca AL-Quran setiap hari.      Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis dan menelaah sejauh mana pengaruh program mentoring Al-Quran dengan intensitas intensitas kedisiplinan membaca Al-Quran mahasiswa. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif analisis korelasional dengan rumus F/N x 100% kemudian dilanjutkan dengan menggunakan rumus product moment.Penelitian ini dilakukan di Universitas Ibn Khaldun Bogor tepatnya di organisasi Asisten Kajian Islam (ASKI) dengan jumlah responden yang mengikuti mentoring Al-Quran sebanyak 32 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, angket, dan wawancara.Berdasarkan analisa data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa pelaksanaan program mentoring Al-quran di organisasi Asisten Kajian Islam UIKA Bogor berada dalam kategori “baik”. Sedangkan intensitas kedisiplinan membaca Al-Quran mahasiswa peserta mentoring ASKI UIKA berada pada kategori “cukup baik”. Sementara itu tingkat pengaruh pelaksanaan program mentoring terhadap intensitas kedisiplinan membaca Al-Quran mahasiswa adalah 0,28. Dengan melihat tabel indeks korelasi product moment dan membandingkan nilai “rxy” yang telah diperoleh yakni 0,28 dengan nilai “rt” yang masing-masing sebesar 0,349 dan 0,449 dapat diketahui ternyata nilai “rxy” atau ro lebih kecil daripada nilai rt baik pada taraf signifikasi 5% dan 1%, maka dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan pelaksanaan program mentoring AL-Quran terhadap intensitas kedisiplinan membaca Al-Quran mahasiswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

fikrah

Publisher

Subject

Religion Social Sciences Other

Description

Fikrah: Journal of Islamic Education published twice a year since 2017 (June and December), is a multilingual (Bahasa and English), peer-reviewed journal, and specializes in Islamic Education. This journal is published by the Faculty of Islamic Studies, Ibn Khaldun University of Bogor, in ...