Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 11 No 1 (2022)

Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Interaktif Berbantuan Aplikasi Anyflip Pada Materi Lingkaran Untuk Siswa SMP

Haeriyah Haeriyah (Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Heni Pujiastuti (Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Penelitian yang dilakukan memiliki tujuan yaitu mengembangkan media pembelajaran e-modul interaktif berbantuan aplikasi anyflip pada materi lingkaran SMP dan mengetahui kevalidan serta keefektifan penggunaan e-modul pada saat pembelajaran daring. Penelitian pengembangan ini menerapkan model penelitian 4-D, namun dalam pengembangannya hanya pada tahap 3-D yang meliputi: tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan media (develop). Penelitian ini meliputi uji validitas pakar media oleh dosen ahli, uji validitas pakar materi oleh guru matematika SMP dan uji percobaan produk oleh siswa sebanyak 10 orang. Hasil akhir yang diperoleh pada uji validitas ahli media yaitu dengan persentase nilai 73% dengan keterangan bahwa e-modul ini cukup valid dan revisi secukupnya. Hasil akhir yang diperoleh dari ahli materi yaitu dengan persentase nilai 86,25% dengan keterangan bahwa e-modul valid dan tidak revisi. Hasil akhir untuk uji coba produk diperoleh hasil persentase nilai 77,75% dengan keterangan bahwa e-modul efektif. Sehingga pengembangan media pembelajaran E-modul Interaktif berbantuan aplikasi anyflip pada materi lingkaran efektif digunakan sebagai media pembelajaraan saat proses pembelajaran daring.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

primatika

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika discusses problem in mathematics education realm such as problems in teaching and learning of mathematics or methodological problems in the field of research in mathematics education. This journal is provided for writers, teachers, students, professors, and ...