Selama pandemi covid-19 pembelajaran berlangsung secara online baik dengan synchronous maupun asynchronous. Dalam melaksanakan pembelajaran secara online penggunaan media pembelajaran sangat dibutuhkan sebagai alat bantu pendidik dalam memberikan materi. Salah satu media yang dapat digunakan sesuai dengan karakteristik pembelajaran adalah pengunaan video pembelajaran dengan active presenter. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektifitas penggunaan video pembelajaran dengan active presenter terhadap pemahaman mahasiswa pada materi pembelajaran akidah akhlak. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan teknik one group pretest-posttest design. Instrumen yang dilakukan dalam penelitian ini adalah instrumen test berupa essay untuk mendapatkan nilai awal (pre-test) dan mendapatkan nilai akhir (post-test) dan angket untuk mengetahui kepraktisan video pembelajaran dengan active presenter. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa IAIN Metro program studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) semester 6 dengan jumlah mahasiswa sebanyak 35 orang. Analisis data untuk mengetahui pengaruh atau efektifitas sebelum dan sesudah perlakuan penulis menggunakan teknik analisis paired sampel t-tes. Berdasarkan data yang diperoleh disimpulkan bahwa kepraktisan video pembelajaran dengan menggunakan active learning masuk dalam kriteria sangat baik dengan rata-rata presentase sebesar 93,4%. Sehingga video pembelajaran dengan menggunakan active presenter layak digunakan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan data dapat dilihat bahwa nilai rata-rata pretest dari 35 mahasiswa sebesar 73,83 dan rata-rata posttest sebesar 82,10 dengan selisih rata-rata sebesar 8,27. Kemudian diketahui nilai Sig. = 0.00 dimana nilai α = 0.05, karena nilai Sig. < α sehingga dapat disimpulkan bahwa nilai pretest dan posttest sangat berbeda signifikan. Jika dilihat dari rata-rata marginalnya bahwasannya nilai posttest lebih besar dari nilai pretest. Sehingga dapat disimpukan bahwa terdapat pengaruh yang sangat signifikan penggunaan video pembelajaran dengan active presenter terhadap pemahaman mahasiswa atau dengan kata lain penggunaan video pembelajaran dengan active learning efektif digunakan dalam perkuliahan.
Copyrights © 2022