Sentra Cendekia
Vol 3 No 2 (2022): Juni

Permainan Tradisional Dakon Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kecerdasan Matematika Anak Usia Dini

Abdul Wahid (Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas IVET, Indonesia)
Soraya Rosna Samta (Prodi Pendidikan Jarak Jauh Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas IVET, Indonesia)



Article Info

Publish Date
12 Jun 2022

Abstract

Permainan tradisional merukan salah satu media pembelajaran yang di gunakan dalam proses pendidikan di anak usia dini. Permaianan tradisional yang tepat untuk meningkatkan kemampuan pada anak untuk kecerdasan matematika yakni menggunakan perminan tradisional dakon. Selain melestarikan permainan tradisional, kegiatan tersebut juga menstimulasi beberapa perkembangan anak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisis deskritif untuk menghasilan hasil yang relevan, yang dilakukan di TK Permata dengan jumlah 15 anak. Dengan menggunakan permainan dakon memudahkan anak untuk belajar mengenal berhitung selain itu anak dapat belajar melalui benda konkrit sehingga anak akan mudah memahami atau mengaitkan pembelajaran dengan benda sekitar. melalui permainan tradisional dakon dapat mengembangkan kecerdasan anak, yang mana kecerdasan yang terkait dengan kecerdasan matematika-logika adalah membilang, mengenal konsep matematika secara sederhana, dan mengenal konsep logika matematika sederhana

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Jsc

Publisher

Subject

Education

Description

The focus of Sentra Cendekia is research, study, and analysis that related to early childhood ...