Perkembangan revolusi industri 4.0. dan Society 5.0. serta munculnya pandemic Covid-19 menuntut dosen untuk lebih kreatif dalam menyiapkan dan melaksanakan perkuliahan. Perkuliahan yang dilaksanakan secara daring mengakibatkan mahasiswa harus lebih ekstra dalam menelaah dan memahami materi perkuliahan yang diberikan oleh dosen secara mandiri. Umumnya, mahasiswa merasa agak kewalahan dengan beban tugas yang umumnya diberikan oleh dosen dalam perkuliahan daring. Dalam hal ini, untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti akan menerapkan pembelajaran berbasis case method melalui aplikasi zoom meeting di dalam perkulaian daring. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode penelitian Quasi Eksperimen pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Almuslim yang berjumlah 22 mahasiswa. Instrumen pengumpul data dalam penelitian ini berupa tes pilihan ganda yang dilakukan secara daring melalui e-learning. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 7,33 > 1,72. Hal ini berarti pembelajaran berbasis case method melalui aplikasi zoom meeting berpengaruh terhadap pemahaman konsep mahasiswa.
Copyrights © 2022