Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI)
Vol 5, No 1 (2022)

STRATEGI PEMBELAJARAN FUN LEARNING di biMBA AIUEO DI KOTA CILEGON

Felisia Gusti Pangestu (Universitas Pendidikan Indonesia kampus serang)
Gray Eliza Suri (Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Serang)
Magfirotul Fitri (Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Serang)
Putri Aulyana Dewi (Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Serang)
Rr. Deni Widjayatri (Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Serang)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2022

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran yang digunakan di sekolah paud nonformal biMBA AIUEO Kota Cilegon . Metode penelitian ini adalah kualitatif yang berlokasi di daerah Pondok Cilegon Indah Kota Cilegon. Pengumpulan data  dilakukan dengan dengan cara observasi kegiatan anak di biMBA AIUEO, wawancara bersama salah satu guru yang mengajar di biMBA AIUEO ,dan dokemtasi kegiatan belajar anak. Hasil dari penelitian ini memberikan informasi mengenai strategi pembelajaran yan digunakan di PAUD Nonformal biMBA AIUEO dan mengetahui bagaimana guru menyikapi hambatan belajar pada anak . Dari hasil wawancara dengan  guru biMBA AIUEO mununjukkan bahwa strategi pembelajran menggunakan metode fun learning dapat membantu anak tertarik untuk belajar terutama dalam hal membaca. Strategi pembelajaran pada anak usia dini harus dilakukan dengan cara yang menyenangkan yaitu bermain sambil beajar.Kata kunci : strategi pembelajaran, biMBA AIUEO, menyikapi hambatan belajar AbstractThis study aims to determine the learning strategies used in non-formal early childhood education biMBA AIUEO Cilegon City. This research method is qualitative which is located in Pondok Cilegon Indah, Cilegon City. Data was collected by observing children's activities at BIMBA AIUEO, interviewing one of the teachers who taught at BIMBA AIUEO, and documenting children's learning activities. The results of this study provide information about the learning strategies used in BiMBA AIUEO Non-formal PAUD and find out how teachers respond to learning barriers in children. The results of interviews with AIUEO biMBA teachers show that learning strategies using the fun learning method can help children become interested in learning, especially in terms of reading. Learning strategies in early childhood must be done in a fun way, namely playing while learning.    Keywords: learning strategy, AIUEO biMBA, addressing learning barriers 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

AUDHI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI) merupakan jurnal ilmiah yang dikelola oleh PG PAUD Fakultas Psikologi dan Pendidikan Universitas Al Azhar Indonesia menggunakan platform pengelolaan jurnal ilmiah secara online, yaitu Open Journal System (OJS). Jurnal AUDHI memuat naskah di bidang ...