Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 11 No. 2 (2022): DIDAKTIKA Mei 2022

Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Berbasis Antisipatif Bencana: Studi Penguatan Materi Terintegrasi Ayat Al-Qur'an

Nurul Aulya Ikbal Aul (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan; Untuk Menjelaskan ayat al-Quran berbicara tentang antisipatif bencana; Menjelaskan tentang materi IPA berbasis antisipatif bencana; Untuk Menjelaskan tentang cara mengintegrasikan ayat al-Quran materi IPA berbasis antisipatif bencana. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library Research), mengkaji Ilmu Pengetahuan Alam Berbasis Antisipatif Bencana Studi Penguatan Materi Terintegrasi Ayat Al-Quran melalui membaca, dan mencatat hasil penelitian yang memanfaatkan sumber perpustakaan. Hasil penelitian terdapat pada; Ayat-ayat al-Qur’an tentang bencana dan antisipatif bencana sebagai berikut: Q.S al-Hadid ayat 22, Q.S ar-Rum ayat 41, Q.S as-Syura ayat 30, Q.S al-Baqarah ayat 155, Q.S. Al-Baqarah ayat 214, dan Q.S. Al-Fajr ayat 21, Q.S. Qaf ayat 44, Q.S. al-Ra’d ayat 31, Q.S. al-A’raf ayat 78, Q.S Hud ayat 32-49, Q.S al-A’raf ayat 65-72; Materi IPA berbasis Antisipatif Bencana, seperti gempa bumi dan banjir serta bagaimana pencegahannya agar tidak atau menimalisir terjadinya korban atau kerugian; Cara Mengintegrasikan Ayat al-Qur’an Ke dalam Materi IPA Berbasis Antisipatif Bencana yaitu mempelajari cara pencegahan atas bencana yang terjadi dan mengaitkan atau mengintegrasikan dengan nilai-nilai Al-Quran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...