Excelsis Deo: Jurnal Teologi, Misiologi dan Pendidikan
Vol 6, No 1 (2022): Vol, 6 No.1 (2022): Juni 2022

INTEGRASI IMAN DAN PEMBELAJARAN: MEMBENTUK KERANGKA BERPIKIR ALKITABIAH BAGI PENDIDIK KRISTIANI

Yusak Tanasyah (Sekolah Tinggi Teologi Moriah, Tangerang)
Bobby Kurnia Putrawan (Sekolah Tinggi Teologi Moriah)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2022

Abstract

The integration of faith and learning is regarded to b a primary distinctive of Christian education, yet this terminology conveys a false dichotomy. The frequent call for integration suggests that the Christian faith and learning belong to different areas of knowledge and practice; consequently, there is a need for bringing the two realms together. In this article, a biblical worldview is presented as the unifying factor for the fusion of faith and learning. The biblical narrative provides a solid foundation for a comprehensive worldview, offering implications for the Christian faith and Christian education. What I believe as Christian educators is conveyed in many different ways to our students. The concept of worldview has been used in recent years to describe the comprehensive approach to reality that provides the foundation for how we understand the world and how we teach our students. Christian’s worldviews are offering education that is faithful to our calling to celebrate the lordship of Christ over all of creation. Integrasi iman dan pembelajaran dianggap sebagai ciri khas utama pendidikan Kristen, namun terminologi ini menyampaikan dikotomi yang salah. Seringkali panggilan untuk integrasi menunjukkan bahwa iman dan pembelajaran Kristen termasuk dalam bidang pengetahuan dan praktik yang berbeda; akibatnya, ada kebutuhan untuk menyatukan kedua dunia. Dalam artikel ini, kerangka berpikir alkitabiah disajikan sebagai faktor pemersatu untuk penyatuan iman dan pembelajaran. Narasi Alkitab memberikan dasar yang kuat untuk kerangka berpikir yang komprehensif, menawarkan implikasi bagi iman Kristen dan pendidikan Kristen. Apa yang saya yakini sebagai pendidik Kristen disampaikan dengan berbagai cara kepada peserta didik. Konsep kerangka berpikir telah digunakan dalam beberapa tahun terakhir untuk menggambarkan pendekatan komprehensif terhadap kenyataan yang memberikan landasan bagi bagaimana kita memahami dunia dan bagaimana kita mengajar peserta didik kita. Kerangka berpikir alkitabiah menawarkan pendidikan yang setia kepada panggilan kita untuk merayakan ketuhanan Kristus atas semua ciptaan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

excelsisdeo

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

Excelsis Deo: Jurnal Teologi, Misiologi, dan Pendidikan merupakan wadah publikasi hasil penelitian teologi, misiologi, dan Pendidikan Agama Kristen dengan nomor ISSN: 2684-8724 (print) dan e-issn: 2685-0923 (online) yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Teologi Excelsius dengan lingkup kajian ...