STAND : Journal Sports Teaching and Development
Vol 3 No 1 (2022): STAND : Journal Sports Teaching and Development

PENGARUH PEMBERIAN REWARD DAN ICE BREAKING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BOLA BASKET KELAS XI SMA N 1 PEGANDON

Diana Milati Ibrahim (Universitas PGRI Semarang)
Fajar Ari Widyatmoko (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian reward dan ice breaking terhadap motivasi belajar bola basket kelas XI SMA N 1 Pegandon. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian pre exsperimen dengan model one group pre test post test design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA N 1 Pegandon dengan jumlah siswa 284 dan responden 156. Sampel yang diambil sebanyak 24 siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Kemudian diolah menggunakan SPSS 26. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukan bahwa pemberian reward dan ice breaking terhadap motivasi siswa kelas XI SMA N 1 Pegandon. Data penelitian ini menggunakan angket pemberian reward, pemberian ice breaking dan motivasi untuk melihat motivasi belajar siswa dalam pembelajaran bola basket. Analisis data yang digunakan yaitu teknik uji normalitas, uji homogenitas, uji paired sampel-test. Hasil penelitian yang diperoleh dari data ini ialah nilai rata-rata motivasi belajar (pretest) 44,75. Dan untuk nilai rata-rata motivasi belajar (posttest) 46,96. Maka mengalami peningkatan motivasi belajar 4,9%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan,pemberian reward dan ice breaking terhadap motivasi belajar bola basket kelas XI SMA N 1 Pegandon.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

stand

Publisher

Subject

Humanities Education Public Health Other

Description

The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of sport Jurnal STAND Jurnal Penelitian Pembelajaran particularly focuses on the main problems in the development of the sciences ofsport areas as follows: ...