Integrated Science Education Journal
Vol 3 No 2 (2022): May

Mengidentifikasi Karakteristik Sikap Toleransi Terhadap Siswa Kelas X di SMAN 7 Batang Hari

Asti Amelia Putri (Unknown)
Muhammad Akbar Pisnaji (Universitas Jambi)
Hikmah Ramadhani (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
31 May 2022

Abstract

Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat toleransi antar siswa kelas X di SMA N 7 Batang Hari. Metodologi: Jenis dari penelitian ini adalah deskriptif statistik, yaitu pengambilan data menggunakan angket yang berisi pertanyaan yang bervariasi. Adapun sampel yang peneliti gunakan yaitu siswa kelas X sebanyak 104 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengambilan data yaitu berupa penyebaran angket kepada siswa kelas X. Angket Tersebut terdiri dari 39 pernyataan, dimana ada pernyataan negatif dan ada pula pernyataan positif. Temuan utama: Adapun data yang diperoleh dari hasil penelitian yaitu siswa kelas X di SMA N 7 Batang Hari memiliki karakter sikap toleransi yang sangat baik. Dengan begitu, dapat dikatakan bahwa pendidikan karakter mengenai sikap toleransi sudah berhasil ditanamkan di sekolah SMA N 7 Batang Hari. Dimana pendidikan sikap toleransi sangat penting ditanamkan kepada siswa, untuk membentuk karakter siswa menjadi lebih baik dan lebih menghormati terhadap perbedaan yang ada. Keterbaruan penelitian: Keterbaharuan pada penelitian dengan mendukung pemerintah dalam menggerakan pendidikan karakter maka diperlukan pengidentifikasian karakter siswa salah satunya karakter toleransi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ISEJ

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Covers all the Integrated Science Education Journal (ISEJ) at the level of primary, secondary, senior, and higher education. The goal of this journal is to bring together researchers and practitioners from academia and industry to focus on Educational advancements and establishing new collaborations ...