Prosiding Ilmu Agama dan Pendidikan Agama Buddha
Vol. 3 No. 1 (2022): Prosiding Ilmu Agama dan Pendidikan Agama Buddha

Analisa Pengaruh Game Online dan Lingkungan Sekolah Terhadap Minta Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Tri Ratna Sibolga




Article Info

Publish Date
31 May 2021

Abstract

Game online dapat memberikan sebuah relaksasi terhadap pemainnya, tidak hanya itu,game online juga memiliki banyak tantangan yang memicu addition (ketertarikan)kepada pemainnya. Hal ini tentunya dapat berdampak pada perilaku siswa yangmengarah kepada kurangnya kemauan (minat) belajar siswa. Lingkungan sekolahmerupakan lingkungan pendidikan utama yang kedua setelah keluarga. Lingkungan yangkondusif tidak hanya dari segi kenyamanan kelas saja, tetapi lingkungan sekitar sekolah,halaman tempat olahraga dan bermain, hingga kantin dapat mempengaruhi minat belajarsiswa di sekolah. Namun seiring berjalannya waktu, khususnya pada masa pandemicCovid-19 saat ini disiplin siswa dan minat belajar mengalami penurunan. Metodepembelajaran yang berubah serta banyaknya waktu luang siswa yang digunakan untukmengakses game online diindikasinya menjadi salah satu penyebab penurunan minatbelajar siswa. Hingga ketika peraturan pemerintah yang sudah memperbolehkanpembelajaran tatap muka, guru-guru merasa lingkungan sekolah kurang dapat menarikminat dan semangat siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipengaruh dari game online dan lingkungan sekolah terhadap minat belajar siswa SMP TriRatna Sibolga. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa/i SMP Tri RatnaSibolga sejumlah 161 responden. Teknik sampling menggunakan kuesioner sebagaiinstrumen penelitian. Metode yang digunakan adalah analisis regresi linear bergandauntuk mengetahui seberapa besar pengaruh game online dan lingkungan sekolahterhadap minat belajar siswa/i Sekolah Mengah Pertama (SMP) Tri Ratna Sibolga.Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t dan uji F.Hasil penelitianmenunjukkan bahwa game online dan lingkungan kerja secara parsial dan secaraserempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar siswa. Hasil inimenunjukkan kontrol yang baik dan teratur pada siswa dalam akses game online danperhatian guru dan pengurus sekolah dalam menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif, nyaman, dan menarik makan akan meningkatkan minat belajar siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

prosiding

Publisher

Subject

Religion

Description

Prosiding Ilmu Agama dan Pendidikan Agama Buddha diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Agama Buddha Dharma Widya tiga kali setahun pada bulan Desember, April dan Agustus berisi artikel tulisan ilmiah dalam bentuk hasil-hasil penelitian dan non penelitian, kajian analitis, aplikasi teori dan review tentang ...