cover
Contact Name
AGUS LEO HANDOKO
Contact Email
agus@stabdharmawidya.ac.id
Phone
+6281211597254
Journal Mail Official
Proprosiding.dharmawidya@gmail.com
Editorial Address
OFFICE: SEKOLAH TINGGI AGAMA BUDDHA DHARMA WIDYA JI. Rawa Kucing No.90, Tangerang Telp. 021 - 5581917, Fax. 021 - 55793862
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Prosiding Ilmu Agama dan Pendidikan Agama Buddha
ISSN : -     EISSN : 27743632     DOI : -
Core Subject : Religion,
Prosiding Ilmu Agama dan Pendidikan Agama Buddha diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Agama Buddha Dharma Widya tiga kali setahun pada bulan Desember, April dan Agustus berisi artikel tulisan ilmiah dalam bentuk hasil-hasil penelitian dan non penelitian, kajian analitis, aplikasi teori dan review tentang masalah-masalah di dalam ilmu agama Buddha, dan pendidikan agama Buddha di masyarakat. Penerbitan prosiding ini bertujuan untuk mewadahi dan meningkatkan kuantitas, kualitas serta menyebarluaskan kajian ilmu pengetahuan sekaligus sebagai wadah komunikasi di antara cendekiawan, praktisi, mahasiswa dan pemerhati di ruang lingkup tersebut.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 27 Documents
Pembentukan Karakter Samanera di Mahavihara Balikpapan, Kalimantan Timur ditinjau dari Kasus Ambalatthika Rahulovadda Sutta Kardi, Kardi; Hadi Winata, Surya
Prosiding Ilmu Agama dan Pendidikan Agama Buddha Vol. 1 No. 1 (2020): Prosiding Ilmu Agama dan Pendidikan Agama Buddha
Publisher : SEKOLAH TINGGI AGAMA BUDDHA DHARMA WIDYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan karakter bukan hal yang baru dalam model pendidikan nasional Indonesia. Setidakanya terdapat mata pelajaran yang memiliki prioritas dalam pembentukan karakter samanera, untuk membina sebagai peran samanera. Melalui pendidikan agama peserta pabbajja samanera untuk memahami nilai-nilai ajaran agama Buddha sebagai dasar untuk membentuk karakter samanera yang baik. Dengan mengikuti pendidikan agama, peserta pabbajja samanera diharapkan mampu lebih religius, toleransi dan memiliki sifat yang berbudi mulia. Dengan demikian, mata pelajaran agama yang ada pada peserta pabbajja samanera memiliki posisi strategis untuk membentuk karakter peserta pabbajja samanera berdasarkan nilai-nilai religius. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, untuk mengungkap suatu masalah dengan menggali masalah secara mendalam. Penelitian kualitatif pada hakekatnya adalah metode penelitian yang digunakan untuk meneliti keadaan ilmiah. Penelitian ini dilakukan secara holistik dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa pada khusus yang alamiah dan memanfaatkan berbagai metode ilmiah. Faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan karakteristik Samanera, adalah Pendidikan strategi pembentukan menjadi dua bagian (a) Tahapan pembentukan (b) model pembentukan. Srategi yang diharapkan dapat memberikan pengaruh yang baik pada pembentukan karakteristik Samanera.
Pengaruh Teknologi Informasi Internet terhadap Prestasi Belajar di SMK Eka Wijaya Cibinong Susijati, Susijati; Santamoko, Ruby
Prosiding Ilmu Agama dan Pendidikan Agama Buddha Vol. 1 No. 1 (2020): Prosiding Ilmu Agama dan Pendidikan Agama Buddha
Publisher : SEKOLAH TINGGI AGAMA BUDDHA DHARMA WIDYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini berkaitan dengan teknologi informasi internet terhadap prestasi belajar. Perkembangan internet juga menjadi salah satu media dalam belajar. Dengan internet semua informasi bisa diakses dengan mudah. Fasilitas kemudahan yang diberikan akan membuat peserta didik lebih terdorong untuk mengetahui perkembangan internet. Prestasi merupakan tingkat keberhasilan yang dicapai seseorang untuk tujuan tertentu. Salah satu faktor yang membuat keberhasilan prestasi belajar. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif karena informasi atau data diwujudkannya dalam bentuk angka dan analisisnya. Dilihat dari jenis permasalahan Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana penggunaan informasi internet berpengaruh terhadap prestasi belajar peserta didik di SMK Eka Wijaya Cibinong kelas X dan kelas XI. Untuk mencapai tujuan penelitian penulis menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian menggunakan metode sampel acak sederhana dengan penilaian skor menggunakan skala likert. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode studi kepustakaan, riset lapangan, kuisioner dan wawancara terstruktur. Data yang didapat pada penelitian diolah dengan metode statistika deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi informasi internet mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar. Hal in ditunjukkan dengan nilai rapor yang bagus dan cukup bagus
Peranan Kebahagiaan terhadap Kehidupan Manusia Menurut Pandangan Agama Buddha Samini, Samini; Sri Mulyani, Henita
Prosiding Ilmu Agama dan Pendidikan Agama Buddha Vol. 1 No. 1 (2020): Prosiding Ilmu Agama dan Pendidikan Agama Buddha
Publisher : SEKOLAH TINGGI AGAMA BUDDHA DHARMA WIDYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini diangkat dari permasalahan yang timbul dalam kehidupan masyakarat dalam menyikapi tentang kebahagiaan sebagai tujuan hidup manusia. Kebahagiaan pada umumnya karena terpenuhinya keinginan-keinginan, baik materi maupun batin. Sehingga sering terjadi pada seseorang ketika akan memenuhi keinginan-keinginannya dengan melakukan berbagai cara untuk memenuhinya, bahkan terkadang dengan cara-cara yang tidak benar. Mereka kurang menyadari bahwa ketika keinginan satu telah terpenuhi, keinginan lain telah berderet menanti dan meminta untuk dipenuhi. Keinginan yang tidak terkendali dan berlebihan akan menimbulkan keserakahan. Sikap serakah sangat merugikan bagi diri sendiri dan orang lain, jangankan mencapai tujuan hidup yaitu bahagia malah menjadi sebaliknya. Untuk mencapai tujuan penelitian ini, penulis menggunakan metode studi pustaka dengan mengumpulkan data yang berhubungan dengan permasalahan yang menjadi obyek penelitian yang bersumer pada buku-buku dan literatur-literatur secara analisis deskriptif. Dengan penelitian ini akan terlihat pernanan kebahagiaan pikiran terhadap kehidupan manusia menurut agama Buddha. Bahwa kebahagiaan yang sesungguhnya bukanlah terpenuhinya keinginan melainkan terbebas dari keinginan. Akhirnya penulis mengharapkan agar penelitian ini dapat membantu seseorang dalam mencapai tujuan hidupnya yaitu kebahagiaan
Peranan Kebudayaan Tionghoa terhadap Perkembangan Agama Buddha: Studi Kasus di Desa Rancaiyuh Kecamatan Panongan Kabupaten Tangerang Kusuma, Grinata; Yonata, Hendrian; Wijoyo, Hadion
Prosiding Ilmu Agama dan Pendidikan Agama Buddha Vol. 1 No. 1 (2020): Prosiding Ilmu Agama dan Pendidikan Agama Buddha
Publisher : SEKOLAH TINGGI AGAMA BUDDHA DHARMA WIDYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Budaya Tionghoa yang masih dijalankan di Indonesia ini memiliki keunikannya sendiri. Budaya ini sudah tidak sama lagi dengan budaya aslinya yang di Tiongkok karena sudah mengalami akulturasi dengan kebudayaan asli. Bagi masyarakat Indonesia sendiri, kebudayaan masyarakat Tionghoa sudah tidak asing lagi, seperti kesenian Barongsai dan makanan (Chinese food). Tarian barongsai saat ini sudah membumi, dimana yang memainkannya sudah banyak dari kalangan pribumi Indonesia begitu juga dengan Chinese food. Barongsai ini merupakan bagian kecil dari kekayaan budaya Tionghoa. Dalam hal religi, orang Tionghoa pada dasarnya menganut ajaran Sam Kauw, yang merupakan perpaduan dari ajaran Kong Hu Cu, Tao, dan Buddha. Dalam Sam Kauw, ajaran yang paling menonjol dalam arti yang paling banyak mempengaruhi kehidupan orang-orang Tionghoa secara keseluruhan adalah ajaran Kong Hu Cu. Masyarakat etnis Tionghoa di Indonesia tersebar di setiap kota-kota dan bahkan ke pelosok desa. Mereka umumnya tinggal di tempat-tempat yang disebut Kampung Pecinan. Orang-orang Tionghoa yang tinggal di Indonesia mendapat sebutan yang disesuaikan dengan daerah dimana mereka tinggal. Agama Buddha di Desa Rancahiyu berkembang dengan baik, umat Buddha mengeikuti kegiatan keagamaan dengan memeperthankan tradisi kebudayaan setempat yang masih dijalankan : budaya baca parita, budaya pattidana, budaya retret dan Pabbajja, budaya sesajian, dan budaya menajalankan ajaran Buddha.
Pola Hidup Sehat Sangha Theravada di Indonesia ditinjau dari Kasus Kitagiri Sutta Damana, I Ketut; Handoko, Agus Leo
Prosiding Ilmu Agama dan Pendidikan Agama Buddha Vol. 1 No. 1 (2020): Prosiding Ilmu Agama dan Pendidikan Agama Buddha
Publisher : SEKOLAH TINGGI AGAMA BUDDHA DHARMA WIDYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah kurang diketahuinya pola hidup sehat sangha Theravada di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pola hidup sehat Sangha Theravada di Indonesia ditinjau dari kasus Kitagiri sutta. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus kitagiri sutta. Informan dalam penelitian ini adalah kepala vihara Sangha Theravada, Kepala Perpustakaan dan Bhikkhu Sangha Theravada. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah nontest dengan cara wawancara, observasi, serta dokumentasi yang menggunakan pedoman wawancara, dan pedoman observasi. Teknik keabsahan data menggunakan bahan referensi dan member check. Teknik analisis data menggunakan model Miles & Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini adalah (a) baimanakah bentuk-bentuk pola hidup sehat bagi Sangha Theravada di Indonesia. (b) apa strategi yang mempengaruhi pola hidup sehat bagi Sangha Theravada di Indonesia (c) hal apa saja yang menjadi kendala pola hidup sehat bagi Sangha Theravada di Indoensaia (d) Bagaimanakah respon bagi sangha terhadap pola hidup sehat ditinjau dari kitagiri sutta
Pengaruh Faktor Viriya (Semangat) terhadap Kinerja Pengurus Cabang Wandani Kota Tangerang Keti, Keti
Prosiding Ilmu Agama dan Pendidikan Agama Buddha Vol. 1 No. 1 (2020): Prosiding Ilmu Agama dan Pendidikan Agama Buddha
Publisher : SEKOLAH TINGGI AGAMA BUDDHA DHARMA WIDYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dalam penelitian untuk mengetahui pengaruh faktor viriya (semangat) terhadap kinerja pengurus cabang Wanita Theravada Indonesia Kota Tangerang. Jenis penelitian yang digunakan merupakan langkah-langkah yang digunakan secara sistematis untuk mengumpulkan data dalam melakukan penelitian dan membantu pembuatan karya ilmiah. Penulisan ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah anggota Wanita Theravada Indonesia Kota Tangerang. Objek penelitian ini adalah faktor viriya (semangat) dan kinerja pengurus Wanita Theravada Indonesia. Teknik pengumpulan data menggunakan metode survei, menyebarkan angket kepada pengurus cabang dan anggota Wanita Theravada Indonesia. Terdapat dua angket yang dikembangkan yaitu angket faktor viriya (semangat) dan angket kinerja pengurus dan anggota Wanita Theravada Indonesia Kota Tangerang. Teknik keabsahan data mengunakan uji validitas dan reliabilitas.. Teknik analisis data menggunakan regresi sederhana. Teknik analisis data ini dimaksud untuk mengetahui apakah faktor viriya (semangat) pengurus memiliki pengaruh terhadap kinerja pengurus, mengukur kekuatan pengaruhnya, dan membuat ramalan yang didasarkan pada kuat lemahnya pengaruh tersebut. Peneliti menyimpulkan adanya pengaruh faktor viriya (semangat) terhadap kinerja Pengurus Cabang Wandani Thearavada Indonesia Kota Tangerang dan terdapat hubungan yang linear. Persamaan regresi linear dalam penelitian diperoleh nilai konstanta sebesar 34,131. Hasil tersebut menunjukkan jika variabel kinerja tidak dipengaruhi oleh faktor viriya (semangat) bernilai nol, maka besarnya rata-rata faktor viriya akan bernilai 34,131. Semakin tinggi faktor viriya (semangat) maka akan semakin besar kinerja yang dimiliki oleh pengurus cabang Wanita Theravada Indonesia.
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Terhadap Prestasi Siswa Agama Buddha Kelas Empat (IV) Di Sekolah Dasar Bodhisattva Bandar Lampung Tahun Ajaran 2010/2011 Pranata, Joni; Wijoyo, Hadion; Fernandes, Wira
Prosiding Ilmu Agama dan Pendidikan Agama Buddha Vol. 2 No. 1 (2021): Prosiding Ilmu Agama dan Pendidikan Agama Buddha
Publisher : SEKOLAH TINGGI AGAMA BUDDHA DHARMA WIDYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan agama Buddha di Sekolah Dasar Bodhisattva dirasakan kurang optimal terutama dikelas IV, hal tersebut dikarenakan kurang aktifnya siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dan pemilihan metode pembelajaran. Metode pembelajaran yang digunakan lebih didominasi oleh guru. Karena itulah perlunya pemilihan metode mengajar agar siswa bisa ikut berperan aktif dalam proses belajar mengajar agar mencapaiprestasi yang lebih baik lagi, pembelajaran yang bisa membuat siswa ikut aktif dalam proses belajar-mengajar adalah dengan mengunakan pembelajaran picture and picture. Penelitian menggunakan metode komparasi yaitu melihat perbandingan rata-rata antara dua kelas yang diperlakukan berbeda. dengan mengujikan pertanyaan pilihan ganda yang mengarah pada kompetensi dasar yang ingin dicapai. Hasil penelitian dengan mengunakan analisis komparasi menunjukkan bahwa nilai Sebelum 66.9333 dan Sesudah 74.4000 dengan mean -7.46667. Nilai t hitung = -11,297 berada pada arah yang negatif, t tabel = 2,144. Sedangkan uji signifikan dari komparasi menunjukkan bahwa signifikansi 5 % sebesar 0,00. dengan demikian dapat diketahui sesudah pembelajaran fictrure and ficture lebih tingi daripada metode biasa. tabel pada tarf signifikan 5 % denga kata lain Ho ditolak sehingga demikian Ha diterima. Jadi terdapat pengaruh model pembelajaran Picture And Picture terhadap prestasi siswa.
Manfaat Pelaksanaan Kalyana Dhamma Dalam Mengatasi Sifat Iri Hati (Kajian Pustaka) Haudi, Haudi; Fernandes, Wira
Prosiding Ilmu Agama dan Pendidikan Agama Buddha Vol. 2 No. 1 (2021): Prosiding Ilmu Agama dan Pendidikan Agama Buddha
Publisher : SEKOLAH TINGGI AGAMA BUDDHA DHARMA WIDYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam konteks pendidikan formal Agama Buddha, pendidikan dapat diartikan juga sebagai suatu hal  yang dilatih untuk menghasilkan kebiasaan-kebiasaan baik yang dilakukan oleh peserta didik yang sesuai dengan ajaran Agama Buddha. Dengan melaksanakan pendidikan sudah pasti memiliki tujuan, baik itu tujuan dalam menjalankan hidup maupun tujuan dari Pendidikan Agama Buddha itu sendiri. Di dalam agama Buddha mengajarkan kepada siswanya untuk mengikis kekotoran batin yang salah satunya adalah sifat iri hati tersebut. Jadi dalam Buddhisme, Buddha mengajarkan untuk mengikis sifat iri hati agar tidak berkembang di dalam diri manusia. Banyak orang tidak menyadari bahwa yang terpenting dalam hidup ini bukanlah mengembangkan sifat iri hati tetapi bagaimana manusia menjadi lebih bijaksana dalam menjalani hidup, masih banyak umat Buddha yang belum memahami Kalyana Dhamma. Bahkan masih ada sebagian umat Buddha yang tidak tahu tentang Kalyana Dhamma. Masih ada sebagian umat Buddha yang secara terang-terangan menyatakan tidak mengetahui tentang Kalyana Dhamma. Padahal jika diteliti secara seksama Kalyana Dhamma merupakan aplikasi secara aktif dari pancasila. Ironis memang, namun itulah fakta yang ada di masyarakat buddhis. Adapun tujuan dan pertimbangan dari penulisan menggunakan metode penelitian studi kepustakaan adalah untuk memperjelas permasalahan, maksudnya dengan adanya studi kepustakaan itu, maka permasalahan yang dikemukakan akan semakin jelas arah dan bentuknya, selanjutnya adalah untuk mencari dukungan fakta, informasi atau teori-teori dalam menentukan landasan teori atau alasan bagi penelitian ini. Di samping itu, juga guna melakukan pendekatan-pendekatan secara rasional terhadap masalah-masalah dan fakta-fakta yang ada, kemudian yang terakhir adalah untuk mempelajari dan menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan permasalahan yang ada didalam penelitian yang dilakukan oleh penulis. Permasalahan tersebut adalah dimana masih banyak orang yang memiliki sifat iri hati. Didalam penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan kalyana dhamma dapat digunakan sebagai pedoman dalam mencegah masalah dari sifat iri hati yaitu banyak terjadi permusuhan, memiliki pekerjaan yang buruk, tidak bisa mengendalikan diri, hubungan sosial yang tidak baik, dan tidak memiliki kewaspadaan diri.
Implementasi Sekolah Nava Dhammasekha Dalam Pembentukan Keyakinan Ajaran Buddha: Studi Kasus Siswa Paud Dhammasekha Tusita Vihara Isipatana Dewi, Cicih Komala; Santamoko, Ruby
Prosiding Ilmu Agama dan Pendidikan Agama Buddha Vol. 2 No. 1 (2021): Prosiding Ilmu Agama dan Pendidikan Agama Buddha
Publisher : SEKOLAH TINGGI AGAMA BUDDHA DHARMA WIDYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini mengangkat peran serta Sekolah Nava Dhammasekha dalam pembentukan keyakinan (saddha) ajaran Buddha agar dapat diterapkan dikehidupan sehari-hari sedari anak masih usia dini, permasalahan yang timbul dapat dilihat bahwa rendahnya minat masyarakat untuk menyekolahkan putra-putrinya di pendidikan Nava Dhammasekha disebabkan kurangnya sosialisasi keberadaan sekolah tersebut, kurangnya penerapan kurikulum yang belum sesuai, kekuatiran setelah lulus dari Nava Dhammasekha bisakah dilanjutkan sekolah umum, kurangnya sarana dan prasarana, pendidik dan tenaga kependidikan yang belum sesuai kompetensi dari jenjang pendidikan. Maka dari hasil pembahasan disimpulkan masyarakat harus memperoleh informasi yang cukup tentang Nava Dhammasekha yang berada di Vihara Isipatana sangat dibutuhkan oleh umat Buddha sekitar, sudah  kebijakan pemerintah mengenai Sekolah Nava Dhammasekha yang disamakan dengan jenjang formal saat mau melanjutkan ke jenjang selanjutnya, perlu ditambahnya sarana dan prasarana sebagai penunjang kegiatan belajar mengajar di sekolah Nava Dhammasekha, tenaga pendidik harus memiliki kualifikasi S1 jurusan pendidikan PAUD minimal lulusan Pendidikan Keagamaan Buddha yang diakui oleh negara, hal ini mutlak dibutuhkan sesuai dengan tuntutan jaman di era digitalisasi karena pendidik yang profesional jelas memahami sistem pendidikan di Indonesia. Untuk mencapai tujuan penelitian di atas penulis menggunakan metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yang mempergunakan hasil observasi langsung, wawancara terbuka dan kemudian mengambil kesimpulan. Mengingat data yang dianalisis berupa teks yang bersifat kualitatif, maka penulis menggunakan analisis data secara pengamatan dan keterlibatan observasi pada obyek yang diambil. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa pendidik perlu mengajarkan nilai-nilai keyakinan (saddha) terhadap pencapaian brahma vihara, diantaranya memiliki perilaku yang mencerminkan sikap; beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, dan Tiratana, berkarakter, jujur, dan peduli, bertanggungjawab, pembelajar sejati sepanjang hayat, dan sehat jasmani dan rohani sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, dan negara.
Peranan Konten Media Youtube Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Guru Sekolah Minggu Buddha Vihara Isipatana Yanti, Lili; Winata, Surya Hadi
Prosiding Ilmu Agama dan Pendidikan Agama Buddha Vol. 2 No. 1 (2021): Prosiding Ilmu Agama dan Pendidikan Agama Buddha
Publisher : SEKOLAH TINGGI AGAMA BUDDHA DHARMA WIDYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pada saat ini teknologi dan ilmu pengetahuan sangat cepat berkembang, dan seiring berjalannya waktu ilmu pendidikan pun ikut berkembang mengikuti perubahan yang ada, sebagaimana diatur dalam undang-undang pendidikan nomor 20 tahun 2003 tentang pendidikan nasional diindonesia yang harus mengikuti perubahan zaman, pertanyaan yang sering muncul pada saat ini adalah apakah kita sudah menggunakan teknologi dengan baik untuk kemajuan pendidikan, apakah kita dapat memanfaatkan teknologi tersebut dengan tepat sesuai bidangnya, pada saat ini banyak bermunculan media social menurut we are social Indonesia tahun 2019 dari seluruh penduduk Indonesia ada  150 juta penduduk Indonesia adalah pengguna aktiv social media dan social media yang sering digunakan adalah youtube. Sosial media adalah pengertian salah satu bentuk media untuk dapat berhubungan dan bekerja secara online dan dapat memungkinkan orang dapat berinteraksi satu sama lain dalam jaringan media social dengan menggunakan alat atau media dengan baik berupa gambar,suara,video dan lain sebagainya. Kita dapat menggunakan social media youtube untuk dapat membantu peranan dalam memotivasi pendidikan anak pada saat ini, akan tetapi ada pada pelaksanaannya ditemukan banyak hambatan-hambatan sehingga proses belajar dengan menggunakan media youtube kurang memberikan motivasi kepada anak dikarenakan kurangnya pengenalan media youtube sebagai sarana belajar, karena ketidak tahuan manfaat dari social media youtube untuk memotivasi belajar anak  yang mana motivasi belajar mengandung pengertian Motivasi belajar adalah keseluruhan daya penggerak dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar, yang menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar dan memberikan arah pada kegiatan belajar, sehingga tujuan yang dikehendaki oleh subyek belajar itu dapat tercapai (Sardiman, 1986: 75). Dari beberapa pengetian tersebut kita dapat mempelajari lebih dalam lagi tentang fungsi dan segala macam dari media social dan juga motivasi belajar serta mencari dan menyelesaikan maslah yang timbul dan hasil yang didapat bisa membantu memotivasi belajar anak agar dapat lebih baik lagi.

Page 1 of 3 | Total Record : 27