Relativitas : Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika
Vol 5, No 1 (2022): Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika

PENGEMBANGAN LKS (LEMBAR KERJA SISWA) BERBASIS VIRTUAL LAB BERBANTUAN SIMULASI PHET UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI GETARAN HARMONIK

Muliani Muliani (Pendidikan Fisika, Universitas Malikussaleh)
Deassy Siska (Pendidikan Fisika, Universitas Malikussaleh)
Ainul Hasri (Pendidikan Fisika, Universitas Malikussaleh)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1)  mengetahui kelayakan LKS berbasis virtual lab berbantuan simulasi PhET. 2) mengetahui besar peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa setelah menggunakan LKS berbasis virtual lab berbantuan simulasi PhET. 3) mengetahui respon siswa terhadap LKS berbasis virtual Lab berbantuan simulasi PhET. Penelitian ini menggunakan  metode Research and Development (R&D). Instrumen pengumpulan data menggunakan LKS, soal  Essay dan angket respon siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS berbasis virtual lab berbantuan  simulasi PhET  1) layak digunakan dengan nilai validasi dosen ahli media sebesar 82%, guru ahli materi sebesar 92% dengan kategori “sangat valid”. 2) dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dengan nilai  rata-rata N-Gain Score  sebesar 0.70 dengan  kategori “tinggi”. 3) respon siswa sebesar 90% dengan kategori “sangat positif”. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis virtual lab berbantuan simulasi PhET yang dikembangkan memunuhi kriteria valid dan dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa, serta mendapat respon positif dari siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

relativitas

Publisher

Subject

Education Physics Social Sciences

Description

Physics Learning Development of physics teaching materials Development of teaching media physics Development of models and methods of teaching physics Development of physical learning evaluation Physics Learning Curriculum Pedagogic Physics Difficulties Students in learning Physics Development of ...