Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kreativitas literasi digital mahasiswa PGSD melalui pembuatan video tutorial alat peraga edukasi. Adapun manfaat penelitian ini yaitu agar mahasiswa memiliki konstribusi pada literasi digital pendidikan khususnya pembuatan alat peraga yang dapat digunakan di Sekolah Dasar (SD). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode kualitatif adalah metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah dimana peneliti berperan sebagai instrument kunci. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu kuesioner dan dokumentasi. Kuesioner dibuat berdasarkan pada 4P’s Model oleh Kaufman & Sternberg yaitu person, process, product, and press. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data yang terdiri dari tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa melalui ide-ide kreatif mahasiswa dapat meningkatkan kreativitasnya melalui teknologi yang berkembang saat ini dengan menghasilkan suatu produk video pembelajaran dan alat bantu mengajar sehingga dapat menjadi literasi digital sekaligus karya dalam meningkatkan kreativitas dan berdampak positif bagi masyarakat.
Copyrights © 2022