Jurnal Mumtaz
Vol. 2 No. 2 (2022): JULI 2022

PENANAMAN NILAI KARAKTER PADA SISWA SMK HIDAYATULLAH BATAM (Pendidikan Vokasi Berbasis Pondok Pesantren): BAHASA INDONESIA

KHAIRUL AMRI AMRI (UIN Sultan Syarif Kasim Riau)
MUDATSIR MUDATSIR (UIN Sultan Syarif Kasim Riau)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: nilai-nilai karakter, proses penanaman, faktor pendukung dan penghambat dalam penanaman nilai-nilai karakter siswa SMK Hidayatullah Batam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologi. Pengumpulan data menggunakan teknik interviu, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan analisis interaktif model Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan (1) Nilai-nilai yang ditanamkan di SMK Hidayatullah adalah nilai-nilai karakter Islam berbasis pondok pesantren; (2) Proses penanaman nilai-nilai pendidikan karakter di SMK Hidayatullah melalui konteks mikro dan konteks makro. Konteks mikro: integrasi nilai karakter dengan setiap mata pelajaran dan muatan lokal, budaya sekolah, dan kegiatan pengembangan diri. Konteks makro: keluarga, sekolah dan masyarakat; dan (3) Faktor pendukung dan pengambat: (a) faktor pendukung: SMK Hidayatullah mempunyai SDM yang memadai, siswa SMK Hidayatullah mayoritas di pondok pesantren, adanya sinergitas antara lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. (b) faktor penghambat: terbatasnya sarana dan prasarana, perbedaan pemahaman, belum adanya satu pondok pesantren, apatisme masyarakat terhadap SMK berbasis pondok pesantren.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

stitmumtaz

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Jurnal Mumtaz ini diterbitkan oleh LP2M Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Mumtaz Karimun. Nama Mumtaz dipilih menjadi nama jurnal ini berasal dari bahasa Arab yang salah satu arti maknanya adalah terbaik, dengan harapan civitas akademika STIT Mumtaz terilhami untuk meraih dan menjadi yang terbaik dalam ...