Jurnal Mumtaz
Vol. 2 No. 2 (2022): JULI 2022

ANALISIS MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN B.ARAB PADA KELAS VII WUTHO DI PONPES HIDAYATULLAH KARIMUN: BAHASAN INDONESIA

Hikmatul Hidayah (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Mumtaz Karimun)
Azizul Azizul (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Mumtaz Karimun)
Aji Wahdi (Pasca Sarjana Institut Agama Islam An-Nur Lampung)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2022

Abstract

Peneitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen kelas pada pembelajaran B.arab pada kelas VII diponpes hidayatullah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi langsung, komunikasi langsung, dan studi dokumenter dengan alat pengumpul data pedoman observasi, pedoman wawancara dan studi dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan sumber dataprimer dan sumber data sekunder. Analisis dalam penelitian ini disajikan secara deskriptif kualitatif dengan menggunakan informan guru mata pelajaran B,arab, kepala sekolah dan siswa kelas VII. Kesimpulanya adalah manajemen kelas yang dilakukan oleh guru mata pelajaran B,arab sudah efektif akan tetapi belum sepenuhnya maksimal karena masih terdapat beberapa dari sub indikator yang belum dilaksanakan oleh guru mata pelajaran B.arab .

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

stitmumtaz

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Jurnal Mumtaz ini diterbitkan oleh LP2M Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Mumtaz Karimun. Nama Mumtaz dipilih menjadi nama jurnal ini berasal dari bahasa Arab yang salah satu arti maknanya adalah terbaik, dengan harapan civitas akademika STIT Mumtaz terilhami untuk meraih dan menjadi yang terbaik dalam ...