Proses pembelajaran adalah interkasi antara guru dan siswa sehingga terjadi komunikasi secara timbal balik dan terarah dalam rangka mencapai tujuan yang akan dicapai. Pembelajaran daring adalah pembelajaran yang pelaksanaanya tidak bertatap muka secara langsung antara guru dengan siswa. Pembelajaran daring dilakukan dengan menggunakan teknologi berupa HP atau Laptop serta didukung oleh jaringan internet. Banyak kendala yang dialami oleh siswa selama pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan belajar siswa yang dilaksanakan secara daring di tengah pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekakan deskriptif dengan menggunakan instrumen penelitian berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di MTs Muhammadiyah Srumbung, Kabupaten Magelang. Subjek penelitian ini adalah 7 orang siswa yang mengalami pembelajaran daring. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa sebagian besar siswa mengalami kesulitan belajar dalam hal teknis karena terdendala jaringan yang lemah dan pengawasan dari orang tua yang kurang. Faktor proses pembelajaran menjadi dominan dalam kesulitan belajar matematika secara daring karena kurangnya motivasi dan minat serta ketidak mampuan dalam memahami materi yang disampaiakn secara daring.
Copyrights © 2022