FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 5 No 1 (2022): FARABI

Analisis Kesulitan Belajar dan Pembelajaran Secara Daring Mata Pelajaran Matematika Siswa MTs Muhammadiyah Srumbung

Erna Lisnawati (Prodi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Yogyakarta-Indonesia)
Arie Purwanto (Prodi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Yogyakarta-Indonesia)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2022

Abstract

Proses pembelajaran adalah interkasi antara guru dan siswa sehingga terjadi komunikasi secara timbal balik dan terarah dalam rangka mencapai tujuan yang akan dicapai. Pembelajaran daring adalah pembelajaran yang pelaksanaanya tidak bertatap muka secara langsung antara guru dengan siswa. Pembelajaran daring dilakukan dengan menggunakan teknologi berupa HP atau Laptop serta didukung oleh jaringan internet. Banyak kendala yang dialami oleh siswa selama pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan belajar siswa yang dilaksanakan secara daring di tengah pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekakan deskriptif dengan menggunakan instrumen penelitian berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di MTs Muhammadiyah Srumbung, Kabupaten Magelang. Subjek penelitian ini adalah 7 orang siswa yang mengalami pembelajaran daring. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa sebagian besar siswa mengalami kesulitan belajar dalam hal teknis karena terdendala jaringan yang lemah dan pengawasan dari orang tua yang kurang. Faktor proses pembelajaran menjadi dominan dalam kesulitan belajar matematika secara daring karena kurangnya motivasi dan minat serta ketidak mampuan dalam memahami materi yang disampaiakn secara daring.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JMPM

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Mathematics

Description

FARABI; Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika (JMPM) menyediakan forum untuk menerbitkan artikel penelitian, artikel review, dan berita teknologi baru yang terkait dengan pendidikan matematika dan terapan. Jurnal ini disediakan untuk penulis, guru, mahasiswa, profesor, dan peneliti, yang akan ...