Perusahaan rintisan atau startup menjadi kunci utama dalam pergerakan ekonomi saat ini dimana sangat tepat dengan situasi pandemik yang mewabah diseluruh dunia termasuk Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui faktor-faktor apa saja dalam mendukung kesuksesan wirausaha startup di Indonesia. Metode yang digunakan adalah pendekatan riset kualitatif deskriptif dimana data yang diambil berasal dari data riset kuantitatif sebelumnya. Konstruk teori didukung dengan empiris dan scientific research. Hasil dari riset menjawab hipotesis mengalami perubahan bahwa selama ini modal, sumber daya manusia, regulasi, pasar, strategi serta fasilitas tidak menjadi lagi bagian utama dalam menunjang kesuksesan startup. Variabel seperti inovasi produk, fokus usaha, pola atau model usaha, prestasi atau kinerja usaha, kelompok atau tim yang hebat serta timing waktu dalam meluncurkan produk. Variabel baru tersebut sangat mendukung kesuksesan wirausaha startup di Indonesia.
Copyrights © 2022