Jurnal Pengabdian Masyarakat (ABDIRA)
Vol 2, No 3 (2022): Abdira, Juli

Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Daring Kahoot Dalam Menghadapi Era Revoulusi Industri 4.0 Bagi Guru SMPK Kalam Kudus Merauke

John Yoro Parlindungan (Jurusan Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Musamus)
Ivylentine Datu Palittin (Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Musamus)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2022

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilatarbelakangi oleh tuntutan pendidikan saat ini dimana guru harus mengembangkan penilaian terhadap peserta didik yang mampu selian mengukur kemampuan juga dilaksanakan dengan cara menyenangkan.. Selain itu, guru juga harus mampu memanfaatkan perkembangan teknologi dalam pelaksanaan ujian dengan CBT. Kahoot adalah salah satu software yang dapat digunakan dalam pelaksanaan CBT. Software ini sangat mudah untuk dioperasikan karena tidak memerlukan Bahasa pemrograman yang rumit. Pengabdian ini dilaksanakan untuk dapat memberikan pemahaman kepada guru dalam melaksanakan evaluasi yang menyenangkan, memberikan kemampuan kepada guru untuk dapat menggunakan Kahoot, dan mengaplikasikan soal ujian yang telah disusun ke dalam Kahoot. Metode pelaksanaan pengabdian ini yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada bagian akhir kegiatan diberikan angket respon peserta. Berdasarkan hasil pengabdian ini, dapat disimpulkan antara (1) Kegiatan ini telah memberikan pemahaman kepada guru dalam menggunakan Media Kahoot sebagai media pembalajaran teruatam evaluasi pembelajaran secara interaktif; (2) Kegiatan ini telah memampukan guru untuk mengaplikasikan soal tes kedalam Kahoot; (4) Peserta sangat antusias dalam mengikuti pelatihan ini. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

abdira

Publisher

Subject

Aerospace Engineering Computer Science & IT Languange, Linguistic, Communication & Media Nursing Social Sciences Other

Description

ABDIRA (Journal of Community Service): Journal of Community Service contains the results of community service and empowerment activities in the form of application of various fields of science including health, education, engineering, agriculture, agriculture, social humanities, computers, ...