Jurnal Kata: Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
Vol 1, No 7 (2013)

HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN MEMBACA DAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI SISWA KELAS IX SMP

Pudan Doli Situmorang (Unknown)
Siti Samhati (Unknown)
Eka Sofia Agustina (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2013

Abstract

Lack of skills and abilities of students in writing a good and correct essay due to more frequent use of verbal language and more likely to use non formal language.The research problem is: "How big is the correlation of reading and writing ability of narrative to Class IX students of SMP Tunas Harapan Year 2012/2013?" This study uses a correlational research design, by taking a sample 69 student of Class IX. Data were collected through questionnaires and observation. Data were then analyzed by using product moment correlation formula. The results showed that the habit of reading related to the student's ability to write a narrative essay on students at 70.6%. Hypothesis testing showed value of t count t table with comparison 8,242 1,667, meaning that the relationship of reading and writing skills narrative essay is significant.Kurangnya keterampilan dan kemampuan siswa dalam membuat karangan secara baik dan benar dikarenakan siswa lebih sering menggunakan bahasa secara lisan dan lebih cenderung menggunakan bahasa yang tidak baku. Rumusan masalah penelitian ini adalah: “Seberapa besarkah korelasi kebiasaan membaca dan kemampuan menulis narasi pada siswa Kelas IX SMP Tunas Harapan Tahun Pelajaran 2012/2013?” Penelitian ini menggunakan desain penelitian korelasional, dengan mengambil populasi dan sampel yaitu seluruh siswa Kelas IX SMP Tunas Harapan Bandar Lampung yang berjumlah 69 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan kuisioner dan observasi. Data selanjutnya dianalisis menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan membaca berhubungan dengan kemampuan siswa dalam menulis karangan narasi pada siswa sebesar 70,6%. Pengujian hipotesis menunjukkan nilai t hitung t tabel dengan perbandingan 8.242 1.667, artinya hubungan kebiasaan membaca dan kemampuan menulis karangan narasi pada siswa Kelas XI Tunas Harapan adalah signifikan.Kata kunci: kebiasaan membaca, kemampuan menulis, korelasional

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

BINDO1

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) adalah jurnal yang mempublikasikan hasil penelitian bidang pendidikan bahasa dan sastra, meliputi linguistik teoritis, linguistik terapan, linguistik lintas disiplin, tradisi lisan, filologi, semiotika, sastra murni, sastra terapan, sastra lintas ...