Jurnal Kata: Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
Vol 1, No 8 (2013)

PEMBELAJARAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VIII SMP PGRI PEJAMBON PESAWARAN

Muhafidin Muhafidin (Unknown)
Ni Nyoman Wetty Suliani (Unknown)
Eka Sofia Agustina (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2013

Abstract

The research problem in this research is how to write poetry in second class high school in SMP PGRI Pejambon Pesawaran 2012/2013. The objective of research is to describe the learning poetry writing class in second grade of junior high school of SMP PGRI Pejambon Pesawaran in 2012/2013. The research method used is descriptive qualitative method. The scope of research is teaching learning process between the teacher and the students in bahasa subject. The researcher chooses VIII A class of SMP PGRI Pejambon Pesawaran Tahun Pelajaran 2012/2013 which has 32 students as the sample. This research result is only focus on how to write poetry as teacher and students’ activity in class. In learning process, teacher had done three main steps that are pre-activity, while activity and closing. In students’ activity, there are five main activities in learning how to write a poetry i.e. oral activity, listening, writing, mental and emotional activities.Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pembelajaran menulis puisi siswa kelas VIII SMP PGRI Pejambon Pesawaran tahun pelajaran 2012/2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Pembelajaran Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP PGRI Pejambon Pesawaran Tahun Pelajaran 2012/2013. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah kegiatan pembelajaran antara guru bidang studi bahasa Indonesia dan siswa kelas VIII A SMP PGRI Pejambon Pesawaran Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 32 siswa. Hasil penelitian ini adalah pembelajaran menulis puisi siswa kelas VIII SMP PGRI Pejambon Pesawaran difokuskan pada satu komponen yaitu pelaksanaan pembelajaran menulis puisi berupa aktivitas guru dan aktivitas siswa di dalam kelas. Pada proses pelaksanaan pembelajaran guru telah melaksanakan tiga kegiatan, yaitu kegiatan pra pembelajaran (awal), kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Pada aktivitas siswa terdapat lima aktivitas dalam kegiatan pembelajaran menulis puisi,yaitu aktivitas lisan, aktivitas mendengarkan, aktivitas menulis, aktivitas mental, dan aktivas emosi.Kata kunci: menulis, puisi, siswa.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

BINDO1

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) adalah jurnal yang mempublikasikan hasil penelitian bidang pendidikan bahasa dan sastra, meliputi linguistik teoritis, linguistik terapan, linguistik lintas disiplin, tradisi lisan, filologi, semiotika, sastra murni, sastra terapan, sastra lintas ...