JURNAL PENDIDIKAN IPS
Vol 12 No 1 (2022): JURNAL PENDIDIKAN IPS

Pengaruh Pembelajaran IPS Berbasis Ecopedagogy terhadap Peningkatan Kecerdasan Ekologis Peserta Didik

Siti Tartila (Institut Pendidikan Indonesia)
Eldi Mulyana (Institut Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan ecopedagogy dalam pembelajaran IPS terhadap peningkatan kecerdasan ekologis peserta didik SMP. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experiment dengan desain Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan VII E sebagai kelas kontrol. Penelitian ini dilakukan di SMPN 5 Garut. Analisis data menggunakan uji paired sample t-test yang menunjukkan bahwa pendekatan ecopedagogy dapat meningkatkan kecerdasan ekologis peserta didik. Dari hasil posttest kelas eksperimen memiliki nilai lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol,berdasarkan hasil pretest dan posttest yang menunjukan bahwa rata-rata nilai N Gain 4,31. Sehingga dapat disimpulkan bahwa peningkatan lebih tinggi didapat dari kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan ecopedagogy yang artinya pembelajaran IPS berbasis ecopedagogy meningkatkan kecerdasan ekologis peserta didik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpi

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan IPS STKIP Taman Siswa Bima adalah jurnal penelitian peer-review, akses terbuka berkualitas tinggi yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Taman Siswa Bima (LPPM STKIP Tamsis Bima). Jurnal ini menyediakan ...