Jurnal Kata: Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
Vol 2, No 1 (2014)

PERBEDAAN KEM BERDASARKAN LATIHAN MEMBACA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 GEDONG TATAAN

Putri Wulandari (Unknown)
Siti Samhati (Unknown)
Eka Sofia Agustina (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2014

Abstract

The problem in this research is the difference in the effective speed reading based literacy training skimming and literacy training P2R students of grade VIII SMP Negeri 4 Gedong Tataan. The purpose of this research is to know the difference of KEM between students who did literacy training skimming and students who did literacy training P2R by looking at the students pre ability in reading. The research method used is the experimental method. The population in this research is 154 students and samples 75 students. Data collecting techniques in this research is a test technique. The results of research showed Fcount 8.929 Ftable 4.084, it can be concluded that the effective speed reading (KEM) students who did literacy training skimming higher than students who did literacy training P2R.Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah perbedaan kecepatan efektif mambaca berdasarkan latihan membaca skimming dan latihan membaca P2R pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Gedong Tataan. Tujuan penelitian ini adalah menguji perbedaan KEM antara siswa yang melakukan latihan membaca skimming dengan siswa yang melakukan latihan membaca P2R dengan memperhatikan kemampuan awal siswa dalam membaca. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah 154 siswa dan sampel 75 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes. Hasil penelitian menunjukkan Fhitung 8,929 Ftabel 4,084, berarti dapat disimpulkan bahwa kecepatan efektif membaca (KEM) siswa yang melakukan latihan membaca skimming lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang melakukan latihan membaca P2R. Kata kunci: kecepatan efektif membaca, latihan membaca, perbedaan.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

BINDO1

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) adalah jurnal yang mempublikasikan hasil penelitian bidang pendidikan bahasa dan sastra, meliputi linguistik teoritis, linguistik terapan, linguistik lintas disiplin, tradisi lisan, filologi, semiotika, sastra murni, sastra terapan, sastra lintas ...