This study aims to improve basic motor skills by using teachers help learning models. Methodology of the study was conducted by using the method of reviewing acts, which is the cycle spirals which is designed to improve basic motor skills of eighth grade students about the status of symptoms at the time the study was conducted. Subjects in this study were in the eighth grade students of SMP Negeri 8 with 20 men students. Results of the research shows that each cycle, there is an increase , which is the first cycle students gain RK 63.10 those who gained ââ°Â¥ RK there are 8 students ( 40 % ). Proceed to the second cycle students who obtain RK 68.80 those who gain ââ°Â¥ RK there are 9 students ( 45 % ). And proceed to the third cycle students gain RK 84.85 and those who gain ââ°Â¥ RK there are 17 students ( 85 % ).Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan gerak dasar meroda dengan menggunakan model pembelajaran bantuan. Metodelogi penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kaji tindak, yaitu putaran berspiral yang dirancang untuk meningkatkan keterampilan gerak dasar meroda siswa kelas VIII tentang status gejala pada saat penelitian dilakukan. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 8 Bandar Lampung dengan jumlah 20 siswa putra. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masing ââ¬â masing siklus terdapat peningkatan, yaitu pada siklus pertama siswa memperoleh RK 63,10 yang memperoleh ââ°Â¥ RK ada 8 siswa (40 %). Dilanjutkan ke siklus kedua siswa memperoleh RK 68,80 yang memperoleh ââ°Â¥ RK ada 9 siswa (45 %). Dan dilanjutkan ke siklus ketiga siswa memperoleh RK 84,85 yang memperoleh ââ°Â¥ RK ada 17 siswa (85 %).Kata kunci: meningkatkan keterampilan, meroda, model bantuan guru.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2013