cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
JUPE
Published by Universitas Lampung
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
JUPE adalah Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi Universitas Lampung yang mewadahi karya ilmiah dalam bentuk artikel hasil penelitian maupun artikel telaah yang berkaitan dengan Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi.
Arjuna Subject : -
Articles 439 Documents
HUBUNGAN POWER LENGAN, POWER TUNGKAI DAN KELENTUKAN TERHADAP HANDSTAND Ririn Efrina; Ade Jubaedi; Heru Sulistianta
JUPE (Jurnal Penjaskesrek) Vol 3, No 2 (2015): JUPE
Publisher : JUPE (Jurnal Penjaskesrek)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aimed to determine the relationship of arm power, leg power and flexibility to handstand skills. The methodology of the study is the product moment correlation. and the sample used is the son of class VIII students of SMP N 23 Bandar Lampung, and a population of 265 students and collecting the data was taken as much as 15% of the population so it was collected as many as 40 students. The research results showed that there is a significant relationship and skills handstand movement of 0.92 (84.6%,) to arm power and 0.88 (77.4%) for flexibility, while the power limbs give the relationship a low of 0, 62 (38.4%). The conclusion of this study is the relationship of arm power and flexibility contributes positively to handstand skills.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan power lengan,power tungkai dan kelentukan terhadap keterampilan handstand. Metodologi penelitian yang digunakan adalah korelasi product moment. serta sampel yang digunakan adalah siswa putra kelas VIII SMP N 23 Bandar Lampung yang populasinya berjumlah 265 siswa dan pengambilan data diambil sebanyak 15% dari populasi sehingga terkumpul sebanyak 40 siswa. Hasil penelitian didapat bahwa adanya hubungan yang signifikan dan keterampilan gerakan handstand sebesar 0,92 (84,6%,) untuk power lengan dan 0,88 (77,4%) untuk kelentukan, sedangkan power tungkai memberikan hubungan yang rendah sebesar 0,62 (38,4%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah hubungan power lengan dan kelentukan memberikan kontribusi yang positif terhadap keterampilan handstand.Kata kunci: handstand, kelentukan, power, senam.
PENGARUH METODE LATIHAN KELINCAHAN DAN KOORDINASI MATA-TANGAN TERHADAP KETERAMPILAN MENGGIRING BOLATANGAN Muhammad Yogi Rivaldi; Surisman Surisman; Suranto Suranto
JUPE (Jurnal Penjaskesrek) Vol 2, No 1 (2014): JUPE
Publisher : JUPE (Jurnal Penjaskesrek)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This type of research is experimental research with the population is in the high school class XI student Persada Bandar Lampung, amounting to 156 people, and the samples taken were 30. The sampling technique used was sreatifield random sampling. Data analysis and final results of the initial test program impacts and coordination agility drills to improve hand-eye movement ushered in handball basis using t-test data analysis techniques. The objectives of this research was to determine the effect of exercise programs coordination agility and eye-hand to improve basic movement ushered in handball in class XI High School Persada in Bandar Lampung. The results showed: first, there is a significant effect on agility training program. Second, there is a significant effect on exercise program eye-hand coordination. Third, exercise program eye-hand coordination is better than agility training program.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan populasi adalah siswi kelas XI di SMA Persada Bandar Lampung yang berjumlah 156 orang, dan diambil sampel berjumlah 30 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sreatifield random sampling. Analisis data hasil tes awal dan akhir pengaruh program latihan kelincahan dan koordinasi mata-tangan untuk meningkatkan gerak dasar menggiring dalam bola tangan menggunakan teknik analisis data uji t. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui pengaruh program latihan kelincahan dan koordinasi mata-tangan untuk meningkatkan gerak dasar menggiring dalam bolatangan pada siswa kelas XI Persada di SMA Persada Bandar Lampung. Hasil penelitian menunjukkan: pertama, terdapat pengaruh yang signifikan pada program latihan kelincahan. Kedua, terdapat pengaruh yang signifikan pada program latihan koordinasi mata-tangan. Ketiga, program latihan koordinasi mata-tangan lebih baik dibandingkan dengan program latihan kelincahan.Kata kunci : dribble, gerak dasar, kelincahan, koordinasi mata-tangan
PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR DAN KETERSEDIAAN SARANA TERHADAP HASIL BELAJAR Revi Firnando; Riswanti Rini; Ade Jubaedi
JUPE (Jurnal Penjaskesrek) Vol 2, No 3 (2014): JUPE
Publisher : JUPE (Jurnal Penjaskesrek)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research aims: to determine the effect of students perceptions about teaching methods and the availability of learning in school on learning outcomes Physical Education eighth grade students at MTs 1 Kotabumi. This reseach was clasified as descriptive verification with ex post facto and surveys approach. Population in this research is 189 students and sample 128 student(5 classes) where taken by Slovin formula. Data analysis technique is using Simple Linear Regression and Multiple Linear Regression. The result of research showed: (1) There is an influence of students perceptions about teaching methods on physical education learning outcomes. (2) There is an influence of the availability of school learning on physical education learning outcomes. (3) There is an influence students perceptions of teachers teaching methods and the availability of school learning on physical education learning outcomes.Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang metode mengajar dan ketersediaan sarana belajar di sekolah terhadap hasil belajar Penjasorkes siswa kelas VIII di MTs Negeri 1 Kotabumi. Metodelogi yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi dalam penelitian ini adalah 189 siswa dan sampel 128 siswa (5 kelas) di ambil dengan menggunakan rumus slovin. Teknik analisis data menggunakan Regresi Linear Sederhana dan Regresi Linear Multiple.Hasil penelitian menunjukkan: (1) Ada pengaruh persepsi siswa tentang metode mengajar terhadap hasil belajar penjasorkes. (2) Ada pengaruh ketersediaan sarana belajar di sekolah terhadap hasil belajar penjasorkes. (3) Ada pengaruh persepsi siswa tentang metode mengajar guru dan ketersediaan sarana belajar di sekolah terhadap hasil belajar penjasorkes.Kata kunci : hasil belajar, metode, persepsi, sarana.
PERBANDINGAN GAYA MENGAJAR RESIPROKAL DENGAN GAYA MENGAJAR INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR RENANG Muhammad Isa; Akor Sitepu; Sudirman Husin
JUPE (Jurnal Penjaskesrek) Vol 1, No 3 (2013): JUPE
Publisher : JUPE (Jurnal Penjaskesrek)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perbandingan gaya mengajar Resiprokal dengan Gaya mengajar Inkuiri terhadap hasil belajar renang gaya dada. Sedangkan manfaat dari penelitian ini adalah sebagai sumbangan pemikiran untuk meningkatkan pembelajaran renang gaya dada. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperiment dengan desain penelitian pre test, ordinal pairing, treatment, post test. Sampel sebanyak 40 siswa yang dibagi dalam 2 kelompok. Populasi pada penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 2 Cilegon Banten dengan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 40 siswa menggunakan teknik random sampling . Teknik pengambilan data untuk tes keterampilan gerak dasar ini menggunakan Tes Ketepatan renang. Teknik analisis data menggunakan Uji T.The objective of the research is to find out whether there is significant influence of comperative teaching of resiprocal with teaching of inkuiri from towards the result of study chest swimming form. The uses of this research is consideration to inprove the result of study chest swimming form. In this research, methodology of research was experimental design with the pre test research, ordinal pairing, troatment and post test. The samples taken 40 students who devided by in two groups. The population in this research was the used in this research was to students used random sampling. Techinque in colleeting data, the writer used the happened summing test. The analysis technique the data used Uji T.Kata kunci : gaya mengajar, respirokal, inquiri, gerak dasar renang, 
KONTRIBUSI PANJANG LENGAN, TUNGKAI, KEKUATAN LENGAN DAN KEKUATAN TUNGKAI DENGAN KECEPATAN RENANG Ansori, Aang Isa; Nurseto, Frans; Jubaedi, Ade
JUPE Vol 1, No 5 (2013): JUPE
Publisher : JUPE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this study was to determine the contribution of the long arms, long legs, muscle power arm and power of leg muscle to speed freestyle swimming 50 meters on health education boy student class A Lampung University in academic year 2012. The method used in this research is descriptive correlational to know the speed of freestyle swimming in health education class A in academic year 2012 at 50 meter freestyle swimming. The further data analysis using Pearson product moment correlation test. The final conclusion is that the research has a very large relationship with swimming speed of 50 meter freestyle at boy student of health education class A in academic year 2012 because of the calculation of the research data of each variable has contributed to the outcome of freestyle swimming speed by 50.353% so it has a very strong relationship with the results of freestyle swimming.Tujuan penelitian ini adalah mengetahui seberapa besar kontribusi antara panjang lengan, panjang tungkai, kekuatan otot lengan dan kekuatan otot tungkai dengan kecepatan renang gaya bebas 50 meter pada mahasiswa putera Penjaskes kelas A Universitas Lampung angkatan 2012. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif korelasional untuk mengetahui kecepatan renang gaya bebas pada mahasiswa penjaskes kelas A angkatan 2012 pada renang gaya bebas 50 meter selanjutnya data di analisis dengan menggunakan uji korelasi pearson product momen. Hasil penelitian disimpulkan bahwa hasil penelitian mempunyai hubungan yang sangat besar dengan kecepatan renang gaya bebas 50 meter pada mahasiswa penjaskes kelas A putra angkatan 2012 karena dari hasil perhitungan data hasil penelitian maka masing-masing variabel memiliki kontribusi terhadap hasil kecepatan renang gaya bebas sebesar sebesar 50,353% sehingga memiliki hubungan yang sangat kuat dengan hasil renang gaya bebas.Kata kunci : Kecepatan renang, Kekuatan, Kontribusi, Panjang
PENGARUH MODEL BANTUAN TEMAN DAN KOOPERATIF TIPE TS-TS TERHADAP KETERAMPILAN ROLL KIP Ni Wayan Sista Restiana; Rahmat Hermawan; Ade Jubaedi
JUPE (Jurnal Penjaskesrek) Vol 2, No 4 (2014): JUPE
Publisher : JUPE (Jurnal Penjaskesrek)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this study was to determine whether there is an influence of friends coperation model and co-operative models of TS-TS (two stay two stray)type to the basic motion skills in a gymnastics floor Kip Roll on class VII in SMPN 7 Bandar Lampung.Metode of research is experimental. With the population are students of SMP N 7Dublin VII class totaling 240 students, and 60 students sampled using random sampling techniques. Data collection techniques using basic motor skills tests Kip Roll in gymnastics floor. Analysis using Analysis of Variance (ANAVA). The results showed that no significant influence of the model models the help of friends and co-operative models of type TS-TS (two stay two stray) to the basic motion skills  in a gymnastics floor Kip Roll on class VII in SMP N 7 BandarLampung.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh model bantuan teman dan model kooperatif tipe TS-TS (Two Stay Two Stray) terhadap ketrampilan gerak dasar Roll Kip dalam senam lantai pada siswa kelas VII di SMP N 7 Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Dengan populasi adalah siswa SMP N 7 Bandar Lampung kelas VII yang berjumlah 240siswa, dan sampel 60 siswa menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes keterampilan gerak dasar Roll Kip dalam senam lantai.Teknik analisis data menggunakan Analisis Varians ( ANAVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari model bantuan teman dan model kooperatif tipe TS-TS (Two Stay Two Stray) terhadap ketrampilan gerak dasar N 7 Bandar Lampung.Kata kunci : gerak dasar, kooperatif tipe TS-TS, model bantuan teman, roll kip
UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGOPER BOLA (PASSING) MELALUI MODIFIKASI ALAT Arief Hudzaifah; Usman Adam; Marta Dinata
JUPE (Jurnal Penjaskesrek) Vol 1, No 2 (2013): JUPE
Publisher : JUPE (Jurnal Penjaskesrek)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode Classroom Action Research, yaitu putaran bersepiral yang dirancang secara : (a)Rencana, (b)Pelaksanaan, (c)Observasi, (d)Refleksi. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus, di setiap siklusnya dilakukan tindakan yang berbeda. Tindakan siklus yang pertama adalah siswa melakukan latihan mengoper bola menggunakan bola karet dengan cara bola digulirkan oleh rekannya, tindakan siklus kedua adalah siswa melakukan latihan dengan menggunakan bola karet dengan cara passing pada dinding/tembok dengan jarak 2 meter, tindakan siklus ketiga adalah siswa melakukan latihan mengoper bola dengan cara passing bola pada rekannya dan dilakukan secara berulang. Sebagai obyek dalam penelitian ini adalah siswa dengan jumlah 32 orang. Berdasarkan penulis, siswa yang mendapat 70 sebanyak 9,4 %. Sedangkan secara klasikal dinyatakan berhasil apabila 75% siswa telah mencapai daya serap 70. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masing-masing siklus terdapat peningkatan, yaitu siklus I siswa yang memperoleh ≥70 sebanyak 18,75 %, siklus II siswa yang memperoleh ≥70 sebanyak 31,25 %, siklus III siswa yang memperoleh nilai ≥70 sebanyak 75 %. Kesimpulan yang dapat di ambil penelitian menunjukkan bahwa pemberian modifikasi alat (bola karet) dapat meningkatkan keterampilan mengoper bola pada siswa kelas X D SMA Negeri 1 Terbanggi Besar Lampung Tengah.Kata kunci: keterampilan mengoper bola, modifikasi alat bantu, passing sepakbola
PERBANDINGAN MODEL LATIHAN PEREGANGAN STATIS DAN DINAMIS TERHADAP FLEKSIBILITAS aditya permana putra; Sudirman Husin; Suranto Suranto
JUPE (Jurnal Penjaskesrek) Vol 3, No 1 (2015): JUPE
Publisher : JUPE (Jurnal Penjaskesrek)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to determine the model comparison exercise static stretching and dynamic stretching models. Due to a lack of understanding of teachers to exercise proper form with the student's ability to result in a lack of flexibility so that the students' level of flexibility effect on all types of motion learning basic physical education material. Karen lack of flexibility resulting in students rather difficult to perform a variety of basic motion in the material taught physical education. In this study there was a treatment (treatment) is treated with a dynamic method, static is applied to the two groups within a certain time period, then see the effect. The population in this study were all male students of class VIII. The sample in this study were 30 students with random sampling. Data analysis techniques used in this study is the technique of ANOVA. Penelitian ini bertujuan mengetahui perbandingan model latihan peregangan statis dan model peregangan dinamis. Karena kurangnya pemahaman guru terhadap bentuk latihan yang tepat dengan kemampuan siswa terhadap fleksibilitas mengakibatkan kurangnya tingkat fleksibilitas siswa sehingga berpengaruh terhadap semua jenis pembelajaran gerak dasar materi pendidikan jasmani. Karena kurangnya tingkat fleksibilitas mengakibatkan siswa agak kesulitan dalam melakukan berbagai gerak dasar dalam materi pendidikan jasmani yang di ajarkan. Dalam penelitian ini ada suatu treatment (perlakuan) yaitu perlakuan dengan metode dinamis, statis yang diterapkan kepada dua kelompok dalam periode waktu tertentu, kemudian dilihat pengaruhnya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa laki-laki kelas VIII . Sampel pada penelitian ini sebanyak 30 siswa dengan random sampling. Teknik analisis data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah teknik anava.Kata kunci : dinamis, fleksibilitas, peregangan statis 
PENGARUH PEMBELAJARAN DRILL DAN BERMAIN TERHADAP KETERAMPILAN GERAK DASAR PERMAINAN BOLAVOLI Rizki Dwi Cahya; Sudirman Husin; Heru Sulistianta
JUPE (Jurnal Penjaskesrek) Vol 1, No 2 (2013): JUPE
Publisher : JUPE (Jurnal Penjaskesrek)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran Drill dan Bermain terhadap keterampilan gerak dasar permainan bola voli. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperiment dengan desain penelitian pre test, ordinal pairing, treatment, post test. Sampel sebanyak 60 siswa yang dibagi dalam 3 kelompok yaitu,Populasi pada penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 6 Bandar Lampung dengan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 60 siswa menggunakan teknik random sampling . Teknik pengambilan data untuk tes keterampilan gerak dasar ini menggunakan Tes Ketepatan bolavoli. Teknik analisis data menggunakan Analisis Varians ( ANAVA).Hasil analisis data menunjukan bahwa pendekatan drill dapat meningkatkan keterampilan gerak permainan bolavoli secara signifikan 10,726 3,15) begitu pula pendekatan bermain menujukan peningkatan secara signifikan ( 4,597 3,15). Perbedaan pengaruh menunjukan bahwa pendekatan pembelajaran drill lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan gerak dasar permainan bolavoli dibandingkan dengan pendekatan Bermain (6,129 3,15).
PERBANDINGAN LATIHAN MENGGUNAKAN BOLA UKURAN 4 DAN 5 TERHADAP KETEPATAN MENENDANG BOLA Imam Mahfud; Heru Sulistianta; Suranto Suranto
JUPE (Jurnal Penjaskesrek) Vol 2, No 2 (2014): JUPE
Publisher : JUPE (Jurnal Penjaskesrek)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study is aimed to determine the comparison of exercises using the ball size 4 and 5 of the accuracy of kicking the ball towards goal on football extracurricular of SD Negeri Way Panas academic year 2013/2014. The research method used in the research was experimental method. The number of population was 24 students. The sample used in the research were all the population who joined football extracurricular of SD Negeri Way Panas, which amount to 24 students because of the population is not more than 100 testy. Sample collecting used purposive sampling. Based on the results of the research, exercises using ball size 4 and 5 give a significant influence on the level of accuracy of kicking the ball towards goal. The results showed that the ultimate test of ball size 4 of 3,174 is smaller than the ball size 5 of 5.285.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan latihan dengan menggunakan bola ukuran 4 dan 5 terhadap ketepatan menendang bola ke arah gawang pada ekstrakulikuler sepakbola SD Negeri Way Panas tahun pelajaran 2013/2014. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Populasi yang digunakan berjumlah 24 siswa. Sampel yang digunakan adalah semua populasi yang mengikuti ekstrakulikuler sepakbola SD Negeri Way Panas yang berjumlah 24 siswa karena populasi tidak lebih dari 100 testi. Dari hasil penelitian di dapat bahwa latihan dengan menggunakan bola ukuran 4 dan 5 memberikan pengaruh yang signifikan terhadap tingkat ketepatan menendang bola ke arah gawang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tes akhir bola ukuran 4 sebesar 3,174 lebih kecil dibandingkan dengan bola ukuran 5 sebesar 5,285.Kata kunci: bola ukuran 4, bola ukuran 5, menendang bola 

Page 1 of 44 | Total Record : 439