Jurnal Kata: Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
Vol 1, No 9 (2013)

STUDI PERBANDINGAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MENGGUNAKAN STRATEGI POINT DAN SQ3R

Kurnia Wahyuni (Unknown)
Siti Samhati (Unknown)
Ni Nyoman Wetty Suliani (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jan 2014

Abstract

The purpose of the research is to find out the comparison between the result study of reading comprehension through POINT strategy and SQ3R strategy. the improvement of reading ability in the experiment class can be seen from the average score of the pre test that is 62 and post test that is 82,37 so it is 20,37. diffrence improvement of reading ability in the control can be seen from the average score of pre test that is 64,17 and post test that is 78,3. So there is difference 14,13 from those two test. The ability of reading comprehension in the first test in the experiment class and control get the difference score 2,17 from the average score between experiment that is 62 and control 64,17. Ability of reading comprehension in the last in the experiment and control get difference score 4,07 ,the average score between experiment 82,37 and control 78,3Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perbandingan hasil belajar membaca pemahaman siswa dengan menggunakan strategi POINT strategi SQ3R. Peningkatan kemampuan membaca pemahaman di kelas eksperimen dilihat rata-rata-rata skor pretes yaitu 62 dan postes yaitu 82,37 maka diperoleh selisih 20,37. Peningkatan kemampuan membaca pemahaman di kelas kontrol dilihat dari rata-rata skor pretes yaitu 64,17 dan postes yaitu 78,3, maka diperoleh selisih 14,13 dari kedua tes tersebut. Kemampuan membaca pemahaman pada tes awal di kelas eksperimen dan kontrol memperoleh selisih skor 2,17 dari rata-rata skor antara eksperimen yaitu 62 dan kontrol yaitu 64,17. Kemampuan membaca pemahaman pada tes akhir di eksperimen dan kontrol memperoleh selisih skor 4,07 dari rata-rata skor antara eksperimen 82,37 dan kontrol yaitu 78,3.Kata kunci: kemampuan membaca, perbandingan, strategi.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

BINDO1

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) adalah jurnal yang mempublikasikan hasil penelitian bidang pendidikan bahasa dan sastra, meliputi linguistik teoritis, linguistik terapan, linguistik lintas disiplin, tradisi lisan, filologi, semiotika, sastra murni, sastra terapan, sastra lintas ...