Pada abad 21 ini perkembangan teknologi sudah semakin pesat seiring dengan perkembangan zaman yang berpengaruh dalam segala aspek kehidupan, sehingga pentingnya untuk meningkatkan kemampuan literasi peserta didik. Salah satu literasi yang penting dimiliki oleh pendidikan dalam manyangsang di revolusi industri 4.0 adalah literasi STEM. Literasi STEM merupakan kemampuan untuk mengenal pasti, mengaplikasikan, serta mengintegrasikan konsep atau komponen sains, teknologi, rekayasa, dan matematika untuk memahami masalah dan menyelesaikannya dengan inovasi dan kreatifitas. Literasi STEM dalam pembelajaran biologi berdampak positif dimana literasi STEM dapat membuat peserta didik menjadi lebih ingin mengetahui pengetahuan, sikap, dan keterampilan untuk mengidentifikasi masalah maupun fenomena alam yang terjadi. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan awal literasi STEM peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA di SMAN 1 Sutera yang berjumlah 68 orang dengan teknik pengambilan sampel yaitu sampling jenuh. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan soal literasi STEM sebanyak 18 soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan awal literasi STEM peserta didik pada pembelajaran biologi kelas XI IPA di SMAN 1 Sutera berada pada kategori sedang dengan presentase rata-rata 60,43%. Presentase literasi sains 61,44%, literasi teknologi dan rekayasa 57,35%, dan literasi matematika 62,5%.
Copyrights © 2022