Jurnal Kata: Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
Vol 2, No 1 (2014)

KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 2 AMBARAWA PRINGSEWU

Eko Hari Anggoro (Unknown)
Siti Samhati (Unknown)
Eka Sofia Agustina (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2014

Abstract

Problem in this research is how the students ability in writing short story on class IX SMP Negeri 2 Ambarawa Pringsewu. This research aimed to describe the ability to write a short story on class IX SMP Negeri 2 Ambarawa Pringsewu. The method that is used is descriptive. The population consists of 147 students spread into 4 class. Data collected through short story writing test. Sample of this research consists of 16 students. Results of this study demonstrate the ability of students to write a short story is quite enough, with an average score of 68,67. The weakness in the student short story lies in the plot of game with an avarage score of 54,25 including less category, while the highest score lies in the aspect of theme with an average score of 81,18 and include the well category is.Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kemampuan menulis cerita pendek pada siswa kelas IX SMP Negeri 2 Ambarawa Pringsewu. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan menulis cerita pendek pada siswa kelas IX SMP Negeri 2 Ambarawa Pringsewu. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 147 siswa yang tersebar dalam 4 kelas. Pengumpulan data dilakukan melalui tes Menulis Cerita Pendek. Sampel penelitian ini berjumlah 16 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan menulis cerita pendek siswa tergolong cukup, yaitu dengan skor rata-rata sebesar 68,67. Kelemahan siswa dalam menulis cerita pendek terletak pada permainan alur, dengan skor rata-rata 54,25 dan termasuk kategori kurang, sedangkan skor rata-rata tertinggi terletak pada aspek tema dengan skor rata-rata 81,18 dan termasuk kategori baik.Kata kunci: cerita pendek, kemampuan, menulis.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

BINDO1

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) adalah jurnal yang mempublikasikan hasil penelitian bidang pendidikan bahasa dan sastra, meliputi linguistik teoritis, linguistik terapan, linguistik lintas disiplin, tradisi lisan, filologi, semiotika, sastra murni, sastra terapan, sastra lintas ...