Bahan ajar yang lengkap dan menarik menjadi salah satu komponen kebutuhan pengetahuan materi pada pembelajaran, namun sedikit inovasi yang dilakukan pada bahan ajar pantun untuk siswa sekolah dasar. Tujuan pengembangan BUPANTUN yaitu untuk mengetahui kelayakan dan keterbacaan berupa respon guru dan siswa terhadap bahan ajar BUPANTUN. Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (RnD). Sedangkan pendekatan yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif berupa deskripsi atau penjelasan, produk yang diteliti serta data yang diperoleh berupa data angka. Hasil dari penelitian berupa buku suplemen pantun BUPANTUN yang didesain menggunakan aplikasi publisher dan desain ilustrasi menggunakan corel draw. Untuk mengetahui kelayakan produk dilakukan validasi kepada tiga validator, diperoleh presentase sebesar 90% oleh ahli materi dengan kategori sangat layak, 87% oleh ahli bahasa dengan kategori sangat layak, 95% oleh ahli media dengan kategori sangat layak. Untuk mengetahui keterbacaan guru dan siswa dilakukan uji coba terbatas berupa uji keterbacaan, diperoleh presentase sebesar 91% oleh siswa dengan kategori layak untuk digunakan, dan diperoleh presentase sebesar 90% oleh guru dengan kategori layak digunakan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022