Mukaddimah: Jurnal Studi Islam
Vol. 4 No. 2 (2019)

RELEVANSI PEMIKIRAN IR. SOEKARNO TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM (Studi Peran dan Kedudukan Perempuan dalam Buku Sarinah Karya Ir. Soekarno)

Ali Mustaqim (Unknown)
Atfi Khumairoh (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Apr 2022

Abstract

Realitas kehidupan masyarakat Indonesia yang dikenal dengan sifat patriarki, yaitu praktik sosial yang memberikan kewenangan kepada laki-laki untuk menekan dan mengeksploitasi perempuan yang melahirkan norma sosial, hukum serta moral yang mengunggulkan kaum laki-laki. Sehingga stigma masyarakat tentang perempuan berkeyakinan bahwa perempuan adalah bagian belakang atau konco wingking, ungkapan Jawa ini menimbulkan kurangnya masyarakat dan laki-laki memahami peran dan kedudukan perempuan. Seperti yang diungkapkan Soekarno bahwa perempuan adalah persoalan besar yang perlu dipecahkan karena perempuan bagian dari suatu bangsa, tanpa peran perempuan bangsa ini tidak akan maju. Oleh karena itu, harus pemahaman dari perempuan, laki-laki, masyarakat tentang peran dan kedudukan perempuan dalam Islam. Pemikiran Ir. Soekarno tentang peran dan kedudukan perempuan dalam buku Sarinah sesuai dengan Pendidikan Islam yaitu peran perempuan ada dalam keluarga, keagamaan, sosial, politik, ekonomi serta kedudukan yang diunggulkan dari pada laki-laki sesuai dengan Islam. Relevansi pemikiran Ir. Soekarno dalam buku Sarinah pada peran dan kedudukan perempuan masa sekarang masih ada korelasi antara adat istiadat masa dahulu, sehingga keseimbangan dapat diperoleh sesuai berkembangnya zaman. Kata Kunci:Pendidikan Agama Islam, Peran dan kedudukan, pemikiran Soekarno.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

mukaddimah

Publisher

Subject

Religion Humanities

Description

Mukaddimah: Jurnal Studi Islam is a multidisciplinary academic journal published by Kopertais Region 3 Yogyakarta. The article published include Islamic studies that are reviewed from various perspectives, ranging from communication, anthropology, education, economics, sociology, philology, ...