Journal of Research on Business and Tourism
Vol. 2 No. 1 (2022): Journal of Research on Business and Tourism

Perancangan Strategi Pemasaran UMKM Studi pada UMKM Boneky

Benni Ahdiyana Pamungkas (Unknown)
Eka Danar Nur Endra (Unknown)
Gentar Dwi Raharjo (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2022

Abstract

UMKM sebagai pilar perekonomian Indonesia merupakan salah satu penyumbang produk domestik bruto Indonesia, namun disisi lain UMKM juga memiliki beragam kelemahan seperti produk yang belum terstandar, pengelolaan manajemen dan promosi yang belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk merancang perencanaan pemasaran bagi UMKM agar mampu menggunakan kekuatan untuk meminimalkan kelemahan. Penelitian ini menggunakan desain riset ekploratori dengan  pendekatan kualitatif melalui metode wawancara mendalam serta analisis SWOT untuk menentukan strategi yang tepat. Subjek penelitian ini adalah UMKM Boneky dari Bandung. Temuan utama penelitian menunjukkan empat strategi yang disarankan yaitu, integrasi, branding, peningkatan kemampuan manajerial, optimalisasi digital marketing.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jrbt

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Journal of Research on Business and Tourism (JRBT) publishes papers of an empirical or conceptual and literature reviews of a cross disciplinary. JRBT provides a platform for academics, business professionals, researchers, and professional concerns on both theoretical and practical issues. Focus and ...