Jurnal Manajemen DIVERSIFIKASI
Vol. 2 No. 2 (2022): Juni

Strategi Keunggulan Bersaing Dalam Meningkatkan Reputasi Perusahaan (Studi Kasus Kimia Farma Apotek Di Kota Depok Dan Bogor)

Ilyas, Muhamad Fiqih (Unknown)
Zulkifli, Zulkifli (Unknown)
Derriawan, Derriawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi Competitive Advantage Untuk Meningkatkan Reputasi Perusahaan Kimia Farma Apotek. Penelitian ini menggunakan metoda penelitian kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis Structural Equation Modelling (SEM) yang diolah dengan Smart PLS 3.0 untuk analisis kuantitatif, sedangkan untuk analisis kualitatif menggunakan TOWS, IE, CPM, dan QSPM. Hasil penelitian kuantitatif membuktikan bahwa variabel kualitas pelayanan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel keunggulan bersaing, variabel kelengkapan produk berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel keunggulan bersaing, variabel lokasi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel keunggulan bersaing, variabel kualitas pelayanan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel reputasi perusahaan, variabel kelengkapan produk tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel reputasi perusahaan, variabel lokasi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel reputasi perusahaan, variabel keunggulan bersaing berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel reputasi perusahaan. Adapun hasil penelitian analisa strategi melalui tahapan strategi input stage dengan CPM, matching stage dengan TOWS dan decision stage dengan QSPM maka strategi yang digunakan dari hasil QSPM adalah alternatif strategi pangsa pasar, pengembangan produk dan penetrasi pasar dalam meningkatkan reputasi perusahaan kimia farma apotek.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

diversifikasi

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Manajemen DIVERSIFIKASI (e-issn: 2774-5309, p-issn: 2774-5295) adalah jurnal yang dikelola oleh Program Studi S1 Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Metro. Jurnal ini diterbitkan dalam jangka waktu triwulanan dalam satu tahun yaitu Maret, Juni, September dan ...