Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan dan Produk terhadap Kepuasan Pelanggan pada BMT Al-Fath IKMI. Adapun jumlah responden yaitu 90 orang dari penduduk Wilayah Kecamatan Pamulang. Penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Analisis dalam penelitian ini menggunakan software SPSS (Statistical Packages For The Social Sciences) 23.0 for Windows. Teknik analisis menggunakan analisis regresi berganda dengan persamaan kuadrat terkecil dan uji hipotesis menggunakan t-statistik serta uji F untuk menguji koefisien regresi secara parsial dan simultan. Uji validitas, reliabilitas, serta uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolonieritas, dan uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian menunjukan bahwa, ada pengaruh signifikan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan. Hal ini dilihat berdasarkan hasil (uji t) dengan nilai t hitung t tabel sebesar 3.353 1.66159 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 (.001 0.05). Kemudian ada pengaruh signifikan Produk terhadap Kepuasan Pelanggan. Hal ini dilihat berdasarkan hasil (uji t) dengan nilai t hitung tabel yaitu sebesar 2.033 1.66159 dan tingkat signifikansi sebesar 0,045 lebih kecil dari 0,05 (0,045 0,05). Dan, secara besama-sama terdapat pengaruh Kualitas Pelayanan dan Produk terhadap Kepuasan Pelanggan. Hal tersebut dilihat berdasarkan hasil (uji F) dengan nilai F hitung F tabel yaitu sebesar 32.330 3.10 dengan tingkat signifikansi 0,05 yaitu 0,000 0,05.
Copyrights © 2021