This study aims to determine the increase of learning outcomes at the basic freestyle swimming motion by using the tools in class X.2 Culture High School Academic Year 2012/2013àBandar Lampung. The method used in this study is classroom action research , with two cycles. The first cycle with the use of a tool drigen, and the second cycle with the use of tools surfboards. The subjects in this study were culturalàhigh school students class X.2 Bandar Lampung Academic Year 2012/2013, amounting to 30 students. Collection of data taken from a test observation skills basic freestyle swimming motion that includes leg movements, hand movements and breathing. Results of this study showed an increase in basic motor skills glide through the use of assistive devices in each cycle, while the increase at each cycle are as follows the first cycle is 33.33%, and second cycle is 46.66% .Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar gerak dasar renang gaya bebas dengan menggunakan alat bantu pada siswa kelas X.2 SMA Budaya Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012/2013. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas, dengan dua siklus. Siklus pertama dengan penggunaan alat bantu drigen, dan siklus kedua dengan penggunaan alat bantu papan seluncur. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa X.2 SMA Budaya Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 30 siswa. Pengumpulan data diambil dari tes berupa pengamatan keterampilan gerak dasar renang gaya bebas yang meliputi gerakan kaki, gerakan tangan dan pernapasan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan gerak dasar meluncur melalui penggunaan alat bantu pada setiap siklusnya, adapun peningkatan pada setiap siklus adalah sebagai berikut siklus pertama sebesar 33,33 %, dan siklus kedua 46,66%.Kata kunci : gerak dasar, renang, gaya bebas
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2013