Al-Ihtirafiah
Vol. 2 No. 1 Juni 2022

MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TURNAMENT (TGT) DAN PENGARUHNYA TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MI/SD; STUDI META-ANALISIS

Siti (Unknown)
Fatkhul Arifin (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pengaruh penggunaan model pembelajaran tipe team games turnament dalam pembelajaran matematika di MI/SD. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh model pembelajaran tipe team games tu rnament dalam pembelajaran matematika di SD/MI. Adapun metode penelitian ini menggunakan metode Meta-analisis. Sampel penelitian ini adalah empat belas jurnal nasional yang diterbitkan pada rentang tahun 2013-2020 pada jenjang sekolah dasar yang membahas penelitian penggunaan model pembelajaran tipe team games turnament dalam pembelajaran matematika di MI/SD. Penelitian ini menggunakan instrumen penelitian berupa lembar pengkodean yang merangkum data dan informasi jurnal. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu penggunaan model pembelajaran tipe team games tournament berpengaruh terhadap pembelajaran matematika dengan effect size keseluruhan sebesar 1,76 yang masuk dalam kategori sangat besar. Penggunaan model pembelajaran tipe team games tournament ini berpengaruh terhadap hasil belajar, pemecahan masalah matematis, pemahaman konsep matematis, kemampuan komunikasi matematis dan motivasi belajar siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ihtirafiah

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

Al-Ihtirafiah: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah adalah jurnal nasional yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Teungku Dirundeng Meulaboh, Aceh, Indonesia. Jurnal ini diterbitkan secara berkala sebanyak ...