Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya inovasi media kuis yang terintegrasi dengan media pembelajaran berbasis elektronik. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan suatu media pembelajaran berbasis elektronik. Oleh karena itu, tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah (1) Mengetahui proses pengembangan media kuis berbasis mentimeter pada tema 5 subtema 1 pembelajaran 2 di kelas V Sekolah Dasar, dan (2) Mengetahui kelayakan pengembangan sebuah media kuis berbasis mentimeter. media kuis berbasis mentimeter dengan tema 5 subtema 1 pembelajaran 2 di kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan atau biasa disebut Research and Development (R&D). Penelitian pengembangan ini di adobsi model Borg & Gall oleh Sugiono dengan menggunakan 10 langkah. Namun dalam penelitian ini hanya menggunakan langkah pertama sampai kelima saja. Hal ini dikarenakan pengembangan media hanya sampai pada revisi dari para ahli validasi saja. Dari hasil validasi oleh validator, diperoleh kriteria layak oleh ahli dalam proses pengembangan dan kriteria sangat layak oleh ahli media pembelajaran, ahli bahasa, ahli soal kuis, dan ahli kelayakan produk. Jika dilihat dari tabel kriteria kelayakan produk yang diperoleh dari sumber skripsi Cahyani (2017) dapat disimpulkan bahwa media kuis berbasis mentimeter sangat layak untuk dikembangkan ke tahap selanjutnya.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022