Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian (SNHRP)
Vol. 4 (2022): Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian (SNHRP) Ke 4 Tahun 2022

Penerapan Metode Token Ekonomi Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Kelas V SDN Sambibulu Sidoarjo

Erlina Mustafia (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
Mira Kartika Sari (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
Nadiyah Mei Sulistyowati (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
Endah Ayu Kusuma Ning Tyas (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
Ade Dyah Wahyuningtyas (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
Adinda Salsabila Kurnia (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
Mufarridun Balangga (Universitas Muhammadiyah Kupang)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menggali informasi mengenai konsentrasi belajar siswa SDN Sambibulu dan bagaimana upaya yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi konsentrasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan yakni deskriptif kualitatif. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara dan observasi. Penelitian ini ditujukan kepada siswa kelas V SDN sambibulu dengan jumlah keseluruhan 19 siswa. Temuan survey guru menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan untuk mengembalikan konsentrasi belajar siswa adalah dengan tanya jawab secara mendadak dan memberikan reward ketika berhasil menjawab dengan benar. Hal ini biasa disebut debagai metode token ekonomi. Disisi lain, dengan menggunakan metode ini siswa lebih bersemangat dalam menyimak pembelajaran. Mereka merasa harus fokus dan menyiapkan diri apabila ada pertanyaan yang diajukan. Sehingga dengan penerapan metode token ekonomi untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa di SDN Sambibulu berjalan efektif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

snhrp

Publisher

Subject

Other

Description

Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian (SNHRP) merupakan salah satu ajang mempertemukan para peneliti disemua bidang pada tingkat nasional. Tujuan diadakan kegiatan ini agar peneliti akan mampu mengembangkan jaringan sosial, bertukar pengetahuan dan membangun jaringan yang kuat antara komunitas ...