Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan Modul Elektronik Berbasis High Order Thinking Skill khususnya pada tema 4 subtema 1 kelas V. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian R&D dengan menggunakan tahapan milik Borg and Gall sebanyak 10 tahapan yang dimodifikasi oleh Sugiyono menjadi 7 tahapan yaitu potensi dan masalah (identifikasi masalah dengan observasi), pengumpulan data (pencarian referensi yang sesuai dengan kebutuhan masalah), desain produk (tahapan membuat produk pengembangan), validasi desain (dilakukan oleh para ahli), revisi desain (memperbaiki apabila terdapat saran dari para ahli), uji coba produk (dilakukan oleh pendidik), dan revisi desain (memperbaiki apabila terdapat saran dari pendidik).Hasil analisis Modul Elektronik berbasis High Order Thinking Skill tema 4 subtema 1 kelas V secara keseluruhan berdasarkan penilaian dari para ahli dan pendidik. Validasi ahli proses pengembangan diperoleh nilai 3,6 dengan kategori sangat layak, validasi ahli bahasa diperoleh nilai 3,36 dengan kategori layak, validasi ahli media diperoleh nilai 3,43 dengan kategori layak, dan validasi ahli materi diperoleh nilai 3,22 dengan kategori layak. Sedangkan uji coba produk yang dilakukan oleh pendidik diperoleh nilai 3,8 dengan kategori sangat layak. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa Modul Elektronik berbasis High Order Thinking Skill pada tema 4 subtema 1 kelas V layak dan siap digunakan sebagai bahan ajar pada proses pembelajaran.
Copyrights © 2022