Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenaiĀ level kemampuan literasi matematis siswa SMP dalam penyelesaian soal matematika berbasis cerita. Batasan masalah dalam penelitian ini adalah soal cerita dalam topik aritmatika sosial dan level kemampuan literasi matematis pada siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di salah satu SMP di Kota Banjar pada tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Tekink purposive sampling. Subjek sebanyak 15 siswa yang dipilih secara acak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes level kemampuan literasi matematis siswa, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan berdasarkan pencapaian level kemampu an literasi matematis siswa. Hasil analisis data menunjukan bahwa : (1)Terdapat siswa yang mampu mengerjakan soal tes dengan baik menggunakan konsep yang sesuai dengan jawaban benar dan mampu mencapai level 1. (2) Terdapat siswa yang mampu mengerjakan soal dengan baik menggunakan konsep yang sesuai tapi jawaban masih salah pada level 2 dan 3, sehingga siswa dinyatakan belum mencapai level 2 dan 3. (3) Semua siswa tidak mampu mengerjakan soal dengan baik menggunakan konsep yang benar danĀ jawaban masih salah pada soal level 4 sampai 6, sehingga siswa dinyatakan belum mencapai level 4 sampai 6.
Copyrights © 2022