Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi lingkaran  ditinjau dari Adversity Quotient. Penelitian ini meggunakan deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Ciamis sebanyak 6 orang siswa yang terdiri dari 2 siswa yang memiliki tipe climbers, 2 siswa yang memiliki tipe campers dan 2 siswa yang memiliki tipe quitters yang diambil berdasarkan hasil angket Adversity Quotient. Pengambilan data meliputi angket, tes tulis dan wawancara. Analisis data yang dilakukan adalah Reduksi Data, Penyajian data, dan Penarikan Kesimpulan . Hasil penelitian ini menunjukan bahwa profil kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP berdasarkan langkah-langkah Polya ditinjau dari Adversity Quetient adalah Siswa Quitters dapat melaksanakan dua langkah pemecahan masalah Polya yaitu memahami masalah dan menyusunrencana penyelesaiannya. Siswa Campers dapat melaksanakan tiga langkah pemecahan masalah Polya yaitu memahami masalah, menyusunrencana penyelesaiannya dan menyelesaiakan masalah sesuai perencanaanya. Dan Siswa Climbers dapat melaksanakan seluruh empat langkah pemecahan masalah Polya dengan baik.Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Lingkaran dan Adversity Quotient
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022